JOB MARKET FAIR SEASON 2 DI TAHUN 2018

Monday - 03 September 2018 - Dibaca: 728 kali

Disnaker_Bpp – Job Market Fair merupakan kegiatan yang untuk kesekian kalinya digelar oleh Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Ketenagakerjaan sebagai sebuah bentuk pelayanan publik untuk memfasilitasi dan mempertemukan pihak-pihak yang memerlukan tenaga kerja dengan mereka yang memerlukan kesempatan untuk bekerja.

Di Tahun 2018 ini Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan menyelenggarakan kegiatan Job Market Fair  sebanyak 2 (dua) kali yaitu pada tanggal 14 s.d 15 Februari 2018 dan 29 s.d 30 Agustus 2018. Bertempat di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) Dome, Kegiatan JMF season 2 resmi dilaksanakan dengan diawali Sosialisasi tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dan Senam Germas bersama para tamu undangan.

Sebanyak 88 Perusahaan dengan klasifikasi 78 Perusahaan Sektor Formal dan 10 Perusahaan Sektor Informal turut serta di dalam memeriahkan kegiatan Job Market Fair kali ini, dengan jumlah jabatan yang tersedia sebanyak 111 jabatan sektor formal maupun informal serta lowongan karyawan/karyawati yang dibutuhkan sebanyak 1.758 lowongan.

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan (Djonaziansjah) selaku Ketua Pantia JMF Tahun 2018 mejelaskan maksud diselenggarakan Pameran Bursa Kerja / Job Market Fair ini adalah untuk mempertemukan Perusahaan Pemberi Kerja dengan Pencari Kerja yang bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Balikpapan.

Pada kesempatan kali ini, di dalam sambutannya Wali Kota Balikpapan yang diwakili oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Jum Ali) menyampaikan bahwa masalah pengangguran merupakan masalah nasional yang perlu diselesaikan secara terpadu baik oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupatan/Kota maupun dengan instansi lintas sektoral dan masyarakat. Pelaksanaan Job Market Fair memiliki nilai penting dan strategis untuk mempercepat proses recruitment dan penempatan tenaga kerja secara praktis, efisien dan efektif.

Diharapkan juga kepada para Pencari Kerja agar aktif mencari informasi kesempatan kerja yang ada sesuai dengan latar belakang pendidikan, minat, bakat, serta kemampuan keterampilan yang dimiliki, “ujarnya lebih lanjut”.

Di akhir serangkaian kegiatan Pembukaan Job Market Fair season 2 di Tahun 2018 ini, Wali Kota Balikpapan (Rizal Efendi) menyempatkan diri untuk hadir ditengah-tengah para pemberi kerja dan pencari kerja dengan mengucapkan permohonan maaf karena datang terlambat serta membuka sesi tanya jawab untuk pemberi kerja kepada Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, sehingga terjalinnya suasana dan komunikasi yang hangat dan akrab antara unsur pemerintah dan pihak pemberi kerja / perusahaan. (PENTA-lts)