WEDNESDAY INSPIRING DENGAN TEMA PERLINDUNGAN JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA BAGI PEKERJA/BURUH

Monday - 17 September 2018 - Dibaca: 301 kali

Disnaker_Bpp – Rabu, 12 September 2018 bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, Jl. Jenderal Sudirman No. 2 Balikpapan, telah dilaksanakannya kegiatan “Wednesday Inspiring” dengan tema Perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Bagi Pekerja/Buruh dari sudut pandang BPJS Ketenagakerjaan. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 wita s.d selesai di hadiri oleh 37 (tiga puluh tujuh) peserta yang berasal dari Manajemen Perusahaan (HRD) Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan (Tirta Dewi) membuka secara resmi kegiatan Wednesday Inspiring, yang mana di dalam kesempatan tersebut disampaikannya progress dari produk hukum yaitu Peraturan Derah tentang Ketenagakerjaan yang dapat dipergunakan nantinya oleh perusahaan sehingga pihak pemberi kerja mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi hak serta kewajiban perusahaan terhadap pekerja dan laporan apa saja yang perlu perusahaan sampaikan ke Disnaker Kota Balikpapan. 

Serta tak lupa pula disampaikan bahwa kegiatan Wednesday Inspiring ini juga dilaksanakan untuk para pencari kerja yang ada di Kota Balikpapan pada pekan pertama dan ketiga di setiap bulannya. Adapun tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang tepat kepada manajemen perusahaan atas ketentuan perlindungan jaminan sosial bagi pekerja/buruh.

Kabid Pemasaran Bukan Penerima Upah BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Balikpapan (Deni Samsu Rahmanto) merupakan narasumber di kegiatan Wednesday Inspiring kali ini dengan didampingi oleh Relationship Officer BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Balikpapan (Lilik). Pada kesempatan ini narasumber menyampaikan materi tentang Amanah Penyelenggaraan Sistem Jaminan Sosial Nasional, Sejarah dan Dasar Hukum BPJS Ketenagakerjaan, Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Ruang Lingkup Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial, Cakupan Program dan Besarnya Iuran, Tahapan Kepesertaan, Tujuan Kepesertaan, Rincian Program Kepesertaan, Sanksi Administratif, Sanksi Pidana serta Kemudahan Akses Kepesertaan dan Layanan BPJS Ketenagakerjaan.

Para peserta yang merupakan manajemen perusahaan mengapresiasi kegiatan ini dan menyatakan menjadi lebih memahami ketentuan Perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja khususnya terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan serta mengusulkan agar dibuatkannya agenda serupa yang mendatangkan narasumber dari BPJS Kesehatan.


Kegiatan Wednesday Inspiring ini tidaklah dipungut biaya (gratis), yang mana dapat diikuti oleh manajemen perusahaan pada pekan kedua dan keempat di setiap bulannya dengan cara mendaftarkan diri terlebih dahulu di Kantor Dinas Ketengakerjaan Kota Balikpapan Lt.4 Bidang Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Tenaga Kerja. (HI&KESJA-vn/lts)