PENUTUPAN PERAYAAN BULAN K3 KOTA BALIKPAPAN TAHUN 2019

Tuesday - 12 Maret 2019 - Dibaca: 81 kali

Disnaker_Bpp – Pada tanggal 10 Maret 2019 dilakukannya Penutupan Perayaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Kota Balikpapan Tahun 2019, bertempat di Lee Batakan. Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan (Rizal Effendi) beserta istri, Kepala Disnaker Kota Balikpapan beserta seluruh pegawai, Perwakilan dari masing-masing Perangkat Daerah terkait, Peserta lomba dari BFRC, Duta K3 dan Kecamatan.

Pada pagi hari kegiatan dimulai dengan senam bersama, aksi drama seputar K3, tanya jawab dan penyampaian visi misi dari Finalis Duta K3 serta acara hiburan lainnya. Wali Kota Balikpapan (Rizal Effendi) pada kegiatan ini berkesempatan untuk memberikan sambutan serta menyerahkan piala kepada pemenang lomba dalam rangka perayaan Bulan K3.

Ketua Panitia Bulan K3 Kota Balikpapan Tahun 2019 (Oky Wibisono dari PT. Pertamina RU V Balikpapan) menyampaikan laporan kegiatan perayaan Bulan K3 Tahun 2019 ini,  sebagai berikut :

  1. Simulasi Penanggulangan Bencana yang dilakukan pada saat pembukaan Bulan K3 pada tanggal 11 Januari 2019 di Lapangan Pemerintah Kota Balikpapan.
  2. Sosialisasi Pemilihan Duta K3 pada tanggal 08 s.d 10 Maret 2019 yang diikuti oleh 26 peserta dari unsur Instansi Pemerintah, Perusahaan dan Lembaga Pendidikan yang mana Seleksi Pemilihan Duta K3 dilaksanakan di beberapa tempat yaitu Kantor Disnaker Kota Balikpapan, Aroma Bos Café, Gedung Parkir Klandasan dan Lee Batakan.
  3. Safety Campaign yang dilakukan di Lapangan Merdeka, Kantor Pemekot Balikpapan, Gedung Kaltim Pos dan RSUD Beriman.
  4. Sosialisasi K3 dan Safety Briefing untuk Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, pada tanggal 04 Maret 2019 bertempat di  Gedung Parkir Klandasan.
  5. Lomba Balikpapan Fire Rescue Challenge (BFRC) 7th, pada tanggal 06 s.d 8 Maret 2019 yang diikuti oleh 16 perusahaan dan beberapa lembaga organisasi di luar Kota Balikpapan.
  6. Lomba Penanganan Kebakaran Dini antar Kecamatan, pada tanggal 08 Maret 2019.
  7. Kegiatan Bersih-bersih Pantai Segara Sari Balikpapan dan Sosialisasi Pengurangan Sampah Plastik kepada Audiens Peserta Kegiatan Perkemahan Saka Wisata yang dilakukan oleh Panitia Bulan K3 dan Peserta Lomba 7th BFRC, pada tanggal 09 Maret 2019.
  8. Pengumuman Peserta Pemenang Lomba K3 dan Pemindahan Estafet Kegiatan K3 Tahun 2020 di akhir acara Penutupan Perayaan Bulan K3 Kota Balikpapan Tahun 2019, pada tanggal 10 Maret 2019.

Namun masih ada 2 (dua) rangkaian kegiatan lagi setelah acara Ceremony Penutupan Bulan K3 ini, yaitu :

  1. Pada tanggal 13 Maret 2019 direncanakan akan melakukan Pameran K3 dan Workshop Kesiapsiagaan Hidro Metereologi Gempa Bumi dan Tsunami di kota Balikpapan di Hotel Novotel serta Simulasi Keadaan Darurat di Killing Mandiri Balikpapan.
  2. Setelah itu direncanakan pula pada tanggal 14 Maret 2019, akan diselenggarakannya kegiatan Seminar Internasional K3 yang akan mengundang narasumber dari Direktur ILO Chapter Indonesia & Timor Leste  (Michiko Miyamoto) berasal dari Jepang, Ketum APJK3 Nasional / Komisi DK3N (Dr. Isradi Zainal), Marketing Manager For APAC (Geoffrey James Way) berasal dari Asutralia dan VP HSSE Upstream Pertamina (Nepos MT Pakpahan).

Dalam laporannya Ketua Panitia Bulan K3 (Oky Wibisono) juga menyampaikan kendala-kendala selama kegiatan berlangsung, untuk dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan di tahun mendatang.

Dengan adanya serangkaian kegiatan K3 ini, tidaklah dimaknai hanya sebatas perayaan namun layaknya dapat membuka pemahaman dan komitmen untuk menerapkan K3 di kehidupan sehari-hari serta di tahun depan kegiatan dapat lebih beragam dan berkelanjutan untuk mewujudkan Kota Balikpapan yang Bersih, Indah, Aman dan  Nyaman serta Berwawasan Lingkungan. Zero Accident bisa kita wujudkan dengan tekad dan komitmen kita bersama. (lts-td)

“Kerja Sama Terjalin Kinerja Organisasi Terwujud”