WALK IN INTERVIEW PT. THIESS CONTRACTORS INDONESIA DI KANTOR DISNAKER KOTA BALIKPAPAN

Tuesday - 09 April 2019 - Dibaca: 45 kali

Disnaker_Bpp – Pada tanggal 05 s.d 06 April 2019 telah dilaksanakannya kegiatan “Walk In Interview” PT.THIESS CONTRACTORS INDONESIA bertempat di Kantor Disnaker Kota Balikpapan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan (Tirta Dewi) dengan didampingi oleh Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja (Rosdiana).

Proses rekruitmen secara langsung ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan lowongan kerja pada 2 Departemen, yaitu Departemen Mining dan Departemen Plant. Adapun jumlah jabatan pekerjaan yang dibutuhkan sebanyak 3 jabatan dengan rincian sebagai berikut :

1. Departemen Mining membutuhkan 2 Jabatan Pekerjaan :

a. Operator RD CAT 777D sebanyak 24 Orang.

b. Operator Grader CAT 16M sebanyak 11 Orang.

 

2. Departemen Plant membutuhkan 1 Jabatan Pekerjaan :

- Auto Electrician sebanyak 11 Orang.

Pencari kerja yang lulus seleksi akan ditempatkan di PT.THIESS Melak, Kutai Barat dengan jadwal kerja 6 hari shift siang – 3 hari off – 6 hari shift malam – 3 hari off.

Mekanisme rekruitmen yang dilaksanakan di mulai dari Seleksi Berkas, Tes Tertulis, Interview (Wawancara), Medical Check Up dan Practical Test. Seleksi Berkas dilaksanakan di Ruang Pelayanan Lt.1 Disnaker Kota Balikpapan oleh Tim Rekruitmen PT. THIESS. Berkas yang dibawa oleh para pencari kerja diseleksi sesuai dengan kualifikasi syarat jabatan yang dibutuhkan. Apabila ada berkas yang dinyatakan “tidak lulus” seleksi maka dikembalikan kepada pencari kerja dan diberikan  catatan alasan ketidaklulusan berkasnya. Sedangkan untuk berkas yang dinyatakan “lulus” seleksi, secara langsung di umumkan oleh Tim Rekruitmen dan para pencari kerja selanjutnya mengikuti tes tertulis serta mengisi application for employee.

Tes tertulis dilaksanakan di Ruang Rapat Disnaker Kota Balikpapan, yang mana tes terdiri dari :

1. Numerical Test, waktu pelaksanaan selama + 15 Menit.

2. Basic Psikotest, waktu pelaksanaan selama + 5 Menit.

3. Technical Test, waktu pelaksanaan selama + 240 Menit.

Dan untuk pelaksanaan Interview terdapat 2 sesi, yaitu :

1. Interview oleh HR Departemen yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kadisnaker Kota Balikpapan.

2. Interview oleh User yang dilaksanakan di Ruang Rapat Disnaker Kota Balikpapan.

Pencari kerja yang dinyatakan lulus tes tertulis dan interview selanjutnya diberi surat pengantar untuk melakukan medical check up di klinik kesehatan dan jika kemudian dinyatakan lulus medical check up maka akan dilaksanakannya tes praktek di lokasi proyek PT. THIESS yang berada di Melak, Kutai Barat.

Kegiatan Walk In Interview yang dilaksanakan selama 2 hari ini diikuti oleh 44 Pencari Kerja dengan rincian sebagai berikut :

1. Tanggal 05 April 2019

     Jumlah Pelamar                          : 27 Orang

     Lulus Berkas                               : 16 Orang

     Lulus Interview dan MCU            :   5 Orang

 

      Posisi Jabatan yang diterima

      Operator RD CAT 777D          :   4 Orang     

      Auto Electrician                       :   1 Orang

 

2. Tanggal 06 April 2019

     Jumlah Pelamar                         : 17 Orang

     Lulus Berkas                              :  9  Orang

     Lulus Interview dan MCU           :  4  Orang

 

     Posisi Jabatan yang diterima

     Operator RD CAT 777D          :  2  Orang     

     Auto Electrician                       :  2  Orang

Dengan diberikannya fasilitasi untuk melakukan rekruitmen oleh Disnaker Kota Balikpapan, maka diharapkan agar kegiatan ini dapat menjadi salah satu cara untuk memudahkan masyarakat didalam mengikuti seleksi kerja karena lokasi rekuitmen yang strategis serta dapat menjadi cara langsung didalam mengurangi pengangguran di Kota Balikpapan. Fasilitasi tempat untuk rekuitmen ini tidak di pungut biaya (gratis), maka untuk perusahaan yang ingin melakukan kegiatan seperti ini dapat langsung mengirimkan surat permohonan ke Kantor Disnaker Kota Balikpapan. (rir/lts)

“Kerja Sama Terjalin, Kinerja Organisasi Terwujud”