WEDNESDAY INSPIRING SEMAKIN DIMINATI

Friday - 12 April 2019 - Dibaca: 17 kali

Disnaker_Bpp – Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan (Ibu Tirta Dewi), memimpin seremoni pembukaan Wednesday Inspiring - Perjanjian Kerja” pada hari Rabu, tanggal 10 April 2019, bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Kantor Disnaker Kota Balikpapan. Tema Wednesday Inspiring minggu ini masih tetap membahas Perjanjian Kerja karena masih banyak diminati oleh Perusahaan. Dalam sambutan Kadisnaker, disampaikan bahwa  Perjanjian Kerja merupakan sarana hubungan industrial yang penting dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis, sebab di dalamnya mengatur hak dan kewajiban para pihak yaitu Pekerja dan Pengusaha. Seringkali implementasi Perjanjian Kerja tidak sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku sehingga menimbulkan perselisihan hubungan industrial di kemudian hari. Oleh karenanya, Disnaker perlu untuk terus memberikan pembinaan terkait Perjanjian Kerja ke Manajemen Perusahaan.

Kegiatan diawali dengan pemberian materi dari Ibu Niswaty selaku Kabid. Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Tenaga Kerja, lalu dilanjutkan dengan sharing session dari 3 (tiga) peserta yang merupakan HR Senior di perusahaan. Dalam sharing session tersebut peserta menyampaikan bahwa memang faktanya seringkali implementasi Perjanjian Kerja tidak sesuai dengan aturan perundangan, karena dirasakan sulit dan menimbulkan biaya yang lebih sehingga menjadi bahan pertimbangan owner perusahaan.

Setelah sharing session tersebut, Ibu Husnul Hotimah (Kasi. Persyaratan Kerja) menjelaskan paparan slide ‘Perjanjian Kerja’ sambil dilakukannya tanya jawab terkait hubungan industrial. Selain itu Ibu Kasma Ervina Haida (Kasi. Pencegahan dan Penyelesaian Perselihan Hubungan Industrial) juga turut andil menjelaskan contoh-contoh perselisihan hubungan industrial yang terjadi, dikaitkan dengan kesalahan dalam implementasi Perjanjian Kerja.

Disnaker Kota Balikpapan juga turut mengundang Ibu Sari Wahyu (Kabid. Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan) untuk dapat memberikan pencerahan terkait BPJS Kesehatan. Ibu Sari Wahyu mengajak para peserta untuk dapat kooperatif dalam pemeriksaan dari BPJS Kesehatan didampingi oleh BPKP. Selain itu, Ibu Sari menjawab beberapa pertanyaan dari peserta, diantaranya terkait peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang merupakan pekerja di perusahaan.

 Kegiatan yang tidak dipungut biaya ini (gratis), dihadiri oleh 21 (dua puluh satu) peserta dari 19 (sembilan belas) perusahaan yang berbeda di Kota Balikpapan. Para Peserta sangat tertarik dengan dilaksanakannya Kegiatan Wednesday Inspiring yang diselenggarakan oleh Disnaker Kota Balikpapan, serta dikolaborasikan dengan BPJS Kesehatan dan berharap kegiatan seperti ini dapat berjalan secara berkelanjutan. Pada dasarnya kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Disnaker Kota Balikpapan pada hari Rabu di Minggu Kedua dan Keempat di setiap bulannya. Adapun cara untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut yaitu mendaftarkan diri dengan datang langsung ke Kantor Disnaker Kota Balikpapan, Ruang Pelayanan Lantai 4, Bidang Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Tenaga Kerja.

Dipenghujung acara Ibu Kasma Ervina Haida menyampaikan harapannya, agar para peserta dapat menuangkan syarat kerja secara tepat dalam Perjanjian Kerja, serta mengikat pekerja dengan Perjanjian Kerja yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan hal tersebut, diharapkan dapat mencegah terjadinya perselisihan hubungan industrial di kemudian hari dan kondusifitas ketenagakerjaan di Kota Balikpapan. (hh/lts)

“Kerja Sama Terjalin Kinerja Organisasi Terwujud”