SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

KUNJUNGAN KERJA DPRD KAB.TUBAN

Wednesday - 13 Desember 2017 - Dibaca: 1006 kali

Disnaker_Bpp – Selasa, 12 Desember 2017.  Bertempat di ruang rapat Disnaker, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan beserta jajaran menerima kunjungan kerja Komisi A DPRD Kabupaten Tuban, Jawa Timur.  Pada pertemuan tersebut turut hadir perwakilan dari Bappeda Litbang dan Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Balikpapan. Dalam sambutannya, Kepala Disnaker Kota Balikpapan, Tirta Dewi, mengucapkan selamat datang kepada rombongan tamu dari Bumi Ronggolawe tersebut, dan mempersilahkan ketua rombongan untuk menyampaikan maksud dan tujuannya.

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Rombongan, H.M. Miyadi, S.Ag.MM., kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memperluas wawasan dan sharing pengalaman dalam menangani permasalahan ketenagakerjaan, khususnya menyangkut peningkatan kompetensi dan daya saing tenaga kerja.  Menurut lelaki yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tuban, penyelenggaraan pemagangan di Kota Balikpapan cukup berhasil, sehingga menginspirasi wakil-wakil rakyat tersebut untuk menggali kiat-kiat Pemerintah Kota Balikpapan untuk dapat diterapkan di Kabupaten yang terletak di pantai utara pulau Jawa tersebut.

Menanggapi pernyataan tersebut, Kepala Disnaker menjelaskan bahwa faktor keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran serta dukungan stakeholher, yaitu : Perusahaan, Forum Jejaring Pemagangan Kota Balikpapan, Forum HR, Forum CSR, dan masyarakat secara umum.  Dukungan yang masiv dari komponen masyarakat sangat diperlukan guna mendukung keberhasilan program dan kegiatan yang telah dicanangkan Pemerintah Kota.

Disnaker Kota Balikpapan setiap tahun melaksanakan kegiatan pameran pemagangan / Apprentice Marker Fair (AMF), yang dimaksudkan sebagai ajang untuk mempertemukan calon peserta magang dengan calon perusahaan penerima magang.  Pelaksanaan AMF di tahun 2017 melibatkan 44 Perusahaan, dengan jumlah lowongan magang sebanyak 470 lowongan dalam 27 jabatan, dan 10 kejuruan magang (pertanian, pertambangan, perhotelan, catering, konstruksi, retail, property, otomotih, jasa keuangan dan kesehatan).  Adapun jumlah peserta magang sebanyak 1.486 orang, yaitu 1.283 orang berlatar pendidikan setingkat SMK/SMA dan 203 orang berpendidikan D3/S1.

Pada akhir pertemuan Ketua Rombongan menyerahkan cinderamata kepada Pemerintah Kota Balikpapan, yang dalam hal ini diterimakan oleh Kepala Disnaker, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Kunjungan kerja yang berlangsung dalam suasana penuh keakraban tersebut berakhir pada pukul 12.15 wita. (SEKRETARIAT-nsi)