SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

SOSIALISASI APLIKASI SISKA (SISTEM INFORMASI KETENAGAKERJAAN)

Friday - 30 Agustus 2019 - Dibaca: 2383 kali

Disnaker_Bpp – Kamis, 29 Agustus 2019, Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi SISKA (Sistem Informasi Ketenagakerjaan) bagi Perusahaan yang ada di Kota Balikpapan. Acara Sosialisasi ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari di Ruang Rapat Disnaker Kota Balikpapan lantai 4, dengan dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama pukul 08.30 – 10.30 Wita dan sesi kedua pukul 14.00 – 16.00 Wita. Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Heru Hidayat selaku Pembuat Aplikasi dan didampingi oleh Tenaga IT Disnaker Kota Balikpapan, dengan peserta yang hadir sebanyak 35 perusahaan pada sesi pertama dan 23 perusahaan pada sesi kedua dari 80 undangan.

Pada kesempatan ini Kadisnaker Kota Balikpapan, Ibu Tirta Dewi membuka secara resmi acara sosialisasi pada sesi pertama dan Sekdisnaker Kota Balikpapan, Bapak Djonaziansjah membuka acara sosialisasi pada sesi kedua. SISKA (Sistem Informasi Ketenagakerjaan) merupakan sebuah aplikasi yang berbasis website, sehingga dapat mudah di akses oleh pengguna aplikasi. Aplikasi yang berbasis web ini, tidak hanya memudahkan pencari kerja di dalam mencari pekerjaan, namun juga memudahkan para pemberi kerja (perusahaan) di dalam pemasangan iklan lowongan kerja, mencari tenaga kerja sampai pelaporan penempatan tenaga kerjanya.

Penggunaan Aplikasi SISKA sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Balikpapan Nomor 1 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan Pasal 38 ayat (1) bahwa “Pelayanan Ketenagakerjaan yang dilaksanakan oleh Dinas dilakukan dalam jaringan (daring)” dan Peraturan Wali Kota Balikpapan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan Pasal 34 ayat (2) bahwa “Pelayanan Ketenagakerjaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan melalui aplikasi, terdiri atas :

a.  Sistem Informasi Ketenagakerjaan (SISKA); dan

b.  Sistem Informasi Pelayanan Ketenagakerjaan dalam Hubungan Industrial (SIMPATI).

Diharapkan dengan adanya acara sosialisasi ini, perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Balikpapan dapat mempergunakan Aplikasi SISKA sesuai dengan kebutuhan didalam pengkrekrutan tenaga kerja, pelaporan penempatan tenaga kerja dan pelaporan kondisi ketenagakerjaan perusahaan. (lts/rr)

“Kerja Sama Terjalin, Kinerja Organisasi Terwujud”