SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN

Buku Tamu

Indah Nurhayati

Tanggal : 15 Oktober 2019

Selamat siang , saya bekerja di salah satu Pt di Balikpapan ,ada peraturan baru yaitu jika tidak sampai target penjualan harian akan ada tambahan kerja 3 jam dan tidak dibayar, saya ingin bertanya apakah loyalitas / tambahan jam kerja selama 3 jam itu yang tidak bayar itu diperbolehkan?

Selamat Siang, Bersama ini kami sampaikan bahwa mengenai jam kerja merupakan ranah Pengawas Ketenagakerjaan Berdasarkan pasal 176 Undang –undang Ketenagakerjaan “ Pengawasan ketenagakerjaan dilakukan oleh Pegawai pengawas Ketenagakerjaan yang mempunyai kompetensi dan independen guna menjamin pelaksanaan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan” Oleh karenanya Saudara dapat berkonsultasi ke Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan yang beralamat di : Balai Latihan Kerja (BLK) Jl. Sepinggan Baru No. 31, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

PT Energi Persada Sejahtera

Tanggal : 15 Oktober 2019

Selamat Pagi Bapak/Ibu, Perkenalkan saya Wahyu dari PT Energi Persada Sejahtera yang berposisi sebagai Staf Administrasi. Sehubungan dengan Kontrak Material dan Service PT Energi Persada Sejahtera (Jakarta) dengan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (Balikpapan), kami harus melengkapi persyaratan yang diberikan oleh PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur yaitu Bukti Pelaporan Pencatatan PKWT ke Disnaker Setempat. Mohon dibantu untuk informasinya mengenai prosedur serta persyaratan untuk Pelaporan Pencatatan PKWT ke Disnaker. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. Salam, Wahyu PT ENERGI PERSADA SEJAHTERA Telp: 021 58901477 Fax: 021 58901476

Selamat Pagi, Bersama ini kami sampaikan bahwa dalam hal Perusahaan saudara menerima pekerjaan peyediaan jasa pekerja, maka saudara dapat mengajukan : - Permohonan pendaftaran Perjanjian Penyediaan jasa pekerja dengan menggunakan formulir 7 yang terdapat dalam surat edaran Menaker No.04 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Permenaker No.19 Tahun 2012. - Permohonan pencatatan perjanjian kerja dalam Penyediaan jasa Pekerja dengan menggunkan formulir 10 yang terdapat dalam surat edaran Menaker No.04 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Permenaker No.19 Tahun 2012. Dalam hal Perusahaan saudara menerima pekerjaan pemborongan pekerjaan maka saudara dapat mengajukan : - Permohonan pendaftaran Perjanjian pemborongan pekerjaan dengan menggunakan formulir 5 yang terdapat dalam surat edaran Menaker No.04 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Permenaker No.19 Tahun 2012. Untuk Permohonan pencatatan perjanjian kerja dalam Pemborongan Pekerja tidak ada didalam surat edaran Menaker No.04 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Permenaker No.19 Tahun 2012 namun saudara dapat tetap menggunakan formulir 10 yang terdapat dalam surat edaran Menaker No.04 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Permenaker No.19 Tahun 2012 dengan mengganti kalimat Penyediaan Jasa pekerja menjdi Pemborongan Pekerjaan. Mengenai surat edaran dapat di search di google atau Saudara dapat konsultasikan ke Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan lt.4 Bidang Hubungan Industrial pada jam kerja Hari Senin s.d Kamis jam 7.30 s.d 16.00 Wita dan Hari Jumat jam 7.30 s.d 11.30 Wita.

Muhammad Abizar Al-Gifary

Tanggal : 14 Oktober 2019

Assalamu'alaikum, selamat pagi, saya ingin bertanya mengenai login di pencari kerja Saya sudah memasukkan alamat email dan password saya dengan benar, sesuai dengan email dan password ketika saya registrasi, tapi tidak bisa masuk ke halaman profil, selalu kembali ke halaman login/registrasi. Kira-kira bagaimana solusi yang bisa saya lakukan mengenai hal tersebut ? Terima Kasih

Wa'alaykumussalaam.. Silahkan saudra coba kembali untuk login. Terima Kasih

Novi vinoricha

Tanggal : 06 Oktober 2019

Selamat pagi pak,kami ingin menginformasikan bahwa kami ingin melaporkan PT BIRUTIGA UTAMA belum membayarkan hak kami (dplk) dana pensiun lembaga keuangan kepada 29 petugas billman pln bontang dari bulan april 2015 hingga 30 september 2018 yang besaranx setiap bulan 100 ribu (kebijakan perusahaan) hingga PT tsb mengundurkan diri dan memutus hubungan kerja kepada kami baru saldo awal pendaftaran saja,,padahal sebelumnya sudah membuat pernyataan tertulis akan membayarkan dplk kami awal agustus 2019 hingga masuk oktober 2019 belum ada realisasinya,,,mohon ditindak lanjuti pak,,terutama dirutnya tidak mau merespon sama sekali permohonan utk hak2 kita,,

Selamat Pagi, Bersama ini kami sampaikan bahwa Berdasarkan Permenaker No.31 tahun 2008 “Apabila perundingan mengalami kegagalan maka salah satu atau kedua belah pihak mencatatkan perselisihannya kepada instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan kabupaten/kota tempat pekerja/buruh bekerja dengan melampirkan bukti bahwa upaya-upaya penyelesaian melalui perundingan bipartit telah dilakukan". Oleh karena lokasi kerja saudara yang terakhir di Bontang maka Saudara dapat menempuh mekanisme penyelesaian perselisihan hubungan industrial di Disnaker Bontang.

Muhammad rizki

Tanggal : 05 Oktober 2019

Selamat malam. DiPKWT sayakan terdpat peraturan dimna kalau kariyawan risent harus tunggu 1minggu setelah pengajuan diterima. Sedangkan sya risent tidak menunggu 1 minggu karna diharuskan langsung kerja diperusahaan laen. Tapi sdh risent baik2 dan mengembalikan inventaris yg saya pakai... Pertanyaan sya apakah sya tidak berhak menerima sisa upah saya dan surat pengalaman kerja sya ? Dan apakan ada diperaturan disnaker begitu pak ?

Selamat Malam. Bersama ini kami sampaikan bahwa Upah merupakan hak pekerja sebagai imbalan dari pengusaha. Oleh karenanya apabila pekerja melakukan pekerjaan maka wajib dibayar upahnya. Terkait surat pengalaman kerja tetap wajib diberikan kepada Pekerja baik pekerja tersebut di PHK maupun mengundurkan diri dengan catatan telah dilakukan serah terima pekerjaan dan pengembalian inventaris kantor. Dasar hukumnya ada di Perda Ketenagakerjaan No.01 Tahun 2018.

Jati Priyono

Tanggal : 30 September 2019

Selamat siang Saya ingin menanyakan bila saya tidak aktif bekerja di tgl 30 september 2019 apakah saya masih berhak mendapatkan insentif (bonus) untuk pencapaian sesuai parameter yang berlaku di bulan agustus 2019? Sedangkan yang dibayarkan perusahaan hanya upah pokok saja tanpa insentif pada tgl 30 septmber 2019 dimana seharusnya dari perhitungan yang ada saya mendapatkan insentif,apakah hal ini dapat dilaporkan ke dinas tenaga kerja? Terima kasih

Selamat siang Bersama ini kami sampaikan bahwa sebelum menjawab pertanyaan Saudara, maka perlu digali informasi yang lebih mendalam, Untuk lebih jelasnya Saudara dapat konsultasikan ke Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan lt.4 Bidang Hubungan Industrial pada hari dan jam kerja, Hari Senin s.d Kamis jam 7.30 s.d 16.00 Wita dan Hari Jumat jam 7.30 s.d 11.30 Wita.

ika febrina

Tanggal : 26 September 2019

bikin kartu kuning

Saudara bisa simak tutorial pembuatan Kartu AK.1 atau Kartu kuning melalui link ini : https://www.youtube.com/watch?v=rDt6f8ydImc&t=1s atau silahkan saudara kunjungi channel youtube Disnaker Balikpapan. Terima Kasih.

Kontak Kami