SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN

RAPAT KOORDINASI dalam rangka PENENTUAN KETERWAKILAN SP/SB dalam KELEMBANGAAN HUB.INDUSTRIAL KOTA BALIKPAPAN

Friday - 09 Agustus 2019 - Dibaca: 67 kali

Disnaker_Bpp – Rapat Koordinasi dalam rangka Penentuan Keterwakilan SP/SB dalam Kelembagaan Hub. Industrial Kota Balikpapan, kegiatan diawali dengan proses verifikasi terhadap kelengkapan persyaratan para peserta yang dapat mengikuti rapat, yakni : Surat Tugas dan Bukti Pendukung Keanggotaan (fotocopy KTA, daftar jumlah anggota berupa buku register, list, daftar keanggotaan online dan/atau dalam bentuk lainnya).

Setelah proses verifikasi selesai, diperoleh data sebanyak 22 peserta rapat dengan perincian 20 SP/SB yaitu SP Danamon, SP Online, SP Armada Borneo, SP Ossiana Sakti Maju, KPI, SP Mathilda, SP Telaga Sari, SP Garda Borneo Bersatu, SP PHKT, SP Sekolah KPS, SP Angkasa Pura I, SP Naban Bersatu, SP PHM, SP H&H, Sekawan ITM, SP Buma, SP Restu Ibu, IKP Komatsu dan SP Pertamedika, 1 Federasi (FSPMKTI) dan 1 Konfederasi (DPC K SPSI).

Dilanjutkan dengan ceremonial Pembukaan Rapat yang dipimpin oleh Ibu Tirta Dewi (Kadisnaker Kota Balikpapan). Pada pembukaannya, Ibu Tirta Dewi menyampaikan apresiasi terhadap kehadiran para peserta dengan membawa kelengkapan dokumen yang diminta dan dijelaskan bahwa rapat ini dilaksanakan guna memenuhi keterwakilan dalam Kelembagaan Hubungan Industrial (KHI) khususnya yang berasal dari unsur Serikat Pekerja/Serikat Buruh di Kota Balikpapan.

Rapat yang diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 8 Agustus 2019, pada pukul 09.00 s.d 15.00 Wita, bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Disnaker Kota Balikpapan bertujuan untuk menghasilkan keputusan terbaik berdasarkan musyawarah mufakat terkait keterwakilan unsur SP/SB dalam Kelembagaan Hubungan Industrial di Kota Balikpapan yang sejauh ini belum ideal berdasarkan Kepmenakertrans No. KEP-201/MEN/2001 tentang Keterwakilan dalam Kelembagaan Hubungan Industrial.

Acara inti dipandu oleh Moderator Sdr. Dj Hendra Winata (Kasi KHI dan Kesja Disnaker Kota Balikpapan). Diawali dengan pembahasan tata tertib rapat dan disepakati para peserta. Kemudian dilakukan diskusi dan musyawarah terkait permasalahan-permasalahan unsur SP/SB dalam kelembagaan hubungan industrial di Kota Balikpapan. Rapat berjalan dengan ritme yang sangat dinamis, para peserta membentuk pokja-pokja yang terbagi ke dalam Pokja Dewan Pengupahan Kota, Pokja LKS Tripartit dan Pokja Tim Deteksi Dini Ketenagakerjaan Kota Balikpapan.

Dari pokja-pokja tersebut, menghasilkan kesepakatan bahwa unsur SP/SB yang mewakili dalam Kelembagaan Hubungan Industrial Tahun 2019 adalah SP Mathilda, FSPMKTI dan SP Garda Borneo Bersatu untuk duduk dalam LKS TripartitDPC K SPSI Kota Balikpapan, SP Naban Bersatu dan SP Pertamedika duduk dalam Dewan Pengupahan Kota Balikpapan; dan DPC SP Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan sebagai Tim Deteksi Dini Ketenagakerjaan Kota Balikpapan.

Sebelum ditutup, Moderator mengajak para hadirin untuk memberikan tepuk tangan atas keberhasilan memperoleh keputusan dengan kata mufakat dan ditanggapi dengan hangat oleh para peserta. Selanjutnya, Ibu Tirta Dewi (Kadisnaker Kota Balikpapan) memberikan kata penutup berupa ucapan selamat karena acara berjalan dengan lancar dan menunjukkan sinergitas yang baik antar SP/SB di Kota Balikpapan, kedepannya diharapkan SP/SB berlomba-lomba untuk meningkatkan penataan kelembagaan/keanggotaannya terkait keterwakilan dalam Kelembagaan Hubungan Industrial. Acara penutup adalah foto bersama dan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan oleh 22 SP/SB/Federas/Konfederasi peserta rapat. (djh-lts)

“Kerja Sama Terjalin, Kinerja Organisasi Terwujud”