SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

SEMARAK PERINGATAN HARI LANSIA NASIONAL TAHUN 2016 DIBALIKPAPAN

Tuesday - 07 Juni 2016 - Dibaca: 1110 kali

Pemkot memperingati Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional (HLUN) 2016 di Gedung Dome, Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Jumat (3/6) pagi. Tema HLUN kali ini “BersamaLansia, dari Lansia untuk Lansia”. Dan dengan Sub Tema “Lanjut Usia Berperan dalam Pembangunan Kesehjetaraan Sosial.

Sejak pagi hari gedung Dome sudah dipadati oleh warga masyarakat Lanjut Usia yang memang sengaja diundang untuk menyemarakan Peringatan HLUN Kali ini

Wakil Walikota Balikpapan yang beberapa waktu lalu baru dilantik,  hadir bersama sejumlah pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Balikpapan, Pejabat Pemkot Balikpapan dan pimpinan SKPD di lingkungan Pemkot hadir dalam acara tersebut. Begitu juga dengan istri Wakil Wali Kota Hj.Nurlena Rahmad Mas’ud.

Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud dalam sambutannya menuturkan, dirinya bangga melihat kaum Lansia, meskipun  usianya sudah tidak muda lagi namun tetap berprestasi. Pemberdayaan lansia merupakan upaya pihaknya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang sosial.

“Ini suatu kebanggaan bagi Lansia di Balikpapan. Untuk itu, acara seperti ini harus terus dilaksanakan untuk memotivasi kaum Lansia,” ujar Wawali Rahmad Mas’ud usai acara.

“Pesan saya bagi kaum muda, dari sekarang  harus menyiapkan diri menuju Lansia. Artinya tetap menjaga kesehatan, rajin berolahraga. Jangan sampai di usia tua nantinya sakit-sakitan,” harapnya.

Rahmad juga meminta kepada pimpinan SKPD agar  untuk mendukung program kegiatan Lansia.

“Ayo sama-sama menghidupkan kegiatan lansia. Karena ini penting  untuk kesejahteraan masyarakat Balikpapan,” pintanya.

Menurut Asfiansyah, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan yang menjadi Ketua Panitia HLUN Tahun 2016 menuturkan bahwa Peringatan HLUN adalah bentuk apresiasi Pemerintah terhadap Masyarakat. Peringatan ini dihadiri kurang lebih 1000 Undangan, dimana 700 orang yang diundang adalah Warga Lansia. Menurutnya Usia lanjut merupakan karunia dan berkah Tuhan Yang Maha Esa kepada hambanya yang harus kita syukuri bersama, karena Lanjut Usia (Lansia) mempunyai hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, berdasarkan tugas dan tanggungjawab pemerintah sebagaimana ditegaskan dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, pemerintah bertugas mengarahkan, membimbing dan menciptakan suasana yang menunjang bagi terlaksananya upaya peningkatan kesejahteraan Sosial Lansia.

Peringatan HLUN 2016  dirangkai dengan pemberian penghargaan dan piala untuk lomba senam Lasia. Juara I diraih Kelurahan Telaga Sari, Balikpapan Kota. Juara II diraih  Kelurahan Karang Rejo, Balikpapan Tengah dan Juara III diraih Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara. 

“Mudah-mudahan lomba senam Lansia ini kedepannya lebih ditingkatkan. Kegiatan seperti ini sangat positif dan Pemkot selalu memberikan dukungan penuh,” akunya.

Sementara itu Mochdor,  mewakili Lansia Kelurahan Telaga Sari Balikpapan Kota mengaku, senang dan bangga terhadap prestasi lansia di kelurahannya. Ia mengaku rutin melakukan senam lansia setiap hari sabtu.

“Tidak menyangka bisa meraih Juara I. Ini tak lepas dari kerjasama dan kekompakan semua Lansia Telaga Sari yang selalu menjaga kesehatan dengans senam bersamas secara rutin,” pungkas Muchdor.