SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN

Launching Kertas Kerja Sarana Pengendalian Anggaran Mandiri (SPAM)

Friday - 01 Juli 2016 - Dibaca: 549 kali

Bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Disnakersos Kota Balikpapan, pada 29 Juni 2016 telah dilaunching “Sarana Pengendalian Anggaran Mandiri (SPAM)” yang dihadiri oleh stakeholder Inspektorat Kota Balikpapan, BPKAD Kota Balikpapan & Bagian Pembangunan Setdakot Balikpapan. Serta dihadiri juga oleh Para Kabid, Kasi, Kasubag dan Staf di lingkungan Disnakersos Kota Balikpapan.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan dalam sambutannya menyampaikan bahwa filosofi pemimpin perubahan ini diilhami oleh konsep kepemimpinan adaptif yang dikembangkan oleh Ronald Heifetz (2009). Kepemimpinan adaptif yang akan dibentuk dalam diklatpim adalah pemimpin yang mampu melakukan adaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungannya, dalam rangka mempertahankan organisasi dengan tingkat kinerja yang tinggi.

Sarana Pengendalian Anggaran Mandiri (SPAM) merupakan inovasi yang dicetuskan oleh Kasubag. Perencanaan Program Disnakersos Kota Balikpapan, Alifa Hasngga Wuri Hansi. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan pengelola kegiatan dalam melaksanakan pengendalian & evaluasi kegiatan.

SPAM berupa working paper yang dirancang sebagai instrument pelaporan sebagai tindak lanjut supervisi monitoring & evaluasi yang dilakukan PPTK & PAK terhadap kegiatannya secara mandiri, yang nantinya informasi-informasi yang terdapat dalam working paper tersebut dapat dijadikan sebagai bahan input data ke dalam system aplikasi Simontepra, SIRUP, Laporan Bulanan & Laporan Evaluasi Renja.

Target yang akan dicapai dengan SPAM ini adalah efektifitas  efisiensi , pengendalian dan evaluasi kegiatan, serta optimalnya capaian kinerja PPTK.

Sehubungan dengan kegiatan launching Sarana Pengendalian Anggaran Mandiri ini, diharapkan agar seluruh stakeholder mendukung serta berkomitmen untuk mengimplementasikannya, khususnya di lingkungan Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan. (Hn-Alf)