SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN

7350 Orang Pencari Kerja/Pengangguran Yang Terdaftar Di Kota Balikpapan

Wednesday - 20 Juli 2016 - Dibaca: 893 kali

Sub ; Program pemagangan menjadi solusi Kongkriet

Disnakersos.Bpn. Pembukaan Pemagangan dalam Negeri (PDN) untuk tahun 2016 telah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Tanaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan Tirta Dewi. Kemarin selasa 19 Juli 2016 di Hotel Platinum Balikpapan, program pemagangan bermaksud  memberikan pengalaman kerja bagi pencari kerja dengan tujuan menciptakan tenaga kerja kompeten, sehingga pasca magang peserta mampu bersaing di Era Globalisasi MEA. Sebanyak 200 orang peserta Pemagangan dalam negeri tahun 2016 disiapkan dan akan terbagi dalam 20 paket pemagangan, dengan kejuruan ; Teknik Pendingin 2 Paket, Tata Rias Rambut 1 Paket, dan Perhotelan 17 Paket. (House Keeping/HK 10 Paket, Food and Beeverage/FB 7 Paket). Selama 5 bulan terhitung sejak tanggal 11 Juli s.d 10 Desember 2016 peserta Pemagangan dalam Negeri akan merasakan dan mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan yang sudah terdaftar untuk bekerja sama.

Sebanyak 15 Perusahan akan memberikan kesempatan kepada para pekerja magang untuk menimba ilmu dan pengalaman di perusahaannya, adapun perusahaan untuk Kejuruan Teknik Pendingin  CV Arya Duta dan  Borobudur Teknik. Untuk kejuruan tata rias Rambut yaitu Salon Lies, Akyla Salon, Siska Salon dan beberapa Hotel di Balikpapan yaitu Hotel Pacific Balikpapan, Hotel Novotel/Ibis Balikpapan, Hotel Zurich, Hotel Sagita, Hotel Swiss Belhotel, Hotel Swiss-Belinn, Hotel HER, Hotel The New Benakutai, Hotel Platinum, dan Hotel Grand Tjokro.

Dengan berdasarkan Undang - Undang Nomor : 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor : PER22/MEN/IX/2009 Tentang Program Penyelenggaraan Pemagangan Dalam Negeri. POK DIPA Dana Dekonsentrasi Tahun Anggaran 2016. Tentu saja program pemagangan ini tdak memungut biaya dari peserta pemagangan.

Sementara itu permasalahan ketenagakerjaan merupakan hal kompleks, terlebih mengenai pencari kerja/pengangguran  yang terdaftar di kota balikpapan cukup besar, yaitu 7350 orang terinci sekolah dasar 38 orang, SLTP 550 orang, SLTA 3253 orang, DIPLOMA 1178 orang, S1. 2289 dan S2. 42 orang. Ini dikarenakan persoalan klasik, yaitu masih rendahnya kualitas tenaga kerja kita,  dan belum link  and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja. serta sikap pencari kerja masih pilih-pilih terhadap dunia kerja/perusahaan yang diinginkan, sementara mereka belum memiliki pengalaman kerja. guna mengatasi hal di atas, yang paling efektif dan sesuai kebutuhan perusahaan yaitu dengan menyelenggarakan program pemagangan yang dalam hal ini di support dari dana APBN Kementerian Ketenagakerjaan RI, dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan mendapatkan tanggung jawab untuk melaksanakan 20 paket pemagangan yang akan menyerap sebanyak 200 orang tenaga kerja. Kata Tirta Dewi dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut. (mt)