SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN

Silaturahim Wali Kota Balikpapan Dengan Para Pejuang Kemerdekaan Dirangkai Dengan Bakti Sosial Dalam Rangka HUT RI Ke-71

Friday - 05 Agustus 2016 - Dibaca: 607 kali

Disnakersos_Bpp – Pada hari Selasa, 02 Agustus 2016 bertempat di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan, Jl. Kol. H. Syarifuddin Yoes No.1 RT.03 Kel. Sepinggan Kec. Balikpapan Selatan. Telah dilaksanakannya acara Silaturahim Wali Kota Balikpapan dengan Para Pejuang Kemerdekaan dan Istri Pejuang Kemerdekaan dirangkai dengan Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan Dasar Bagi Anggota LVRI dan PIVERI Cabang Kota Balikpapan Dalam Rangka Peringatan HUT RI Ke-71 Kota Balikpapan Tahun 2016.

Di dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan, Unsur Muspida Kota Balikpapan, Kepala Kantor Administrasi Veteran dan Cadangan Kodam VI/Mulawarman, Koramil Kec.Balikpapan Selatan, Ketua LVRI Provinsi, Ketua LVRI dan PIVERI Kota Balikpapan, Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI Kota Balikpapan, 107 Orang Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan 189 Orang Anggota Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI) Cabang Kota Balikpapan serta Perwakilan LKSA dan Yayasan dari LKSA Tamariska, LKSA Mardhatillah, LKSA Darusilmi, LKSA Yaumiddin, LKSA Bakti Haji, Yayasan Kasih Bangsa, DPC PEPABRI Kota Balikpapan dan DPC Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI) Cabang Kota Balikpapan.

Diawali dengan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan untuk Para Pejuang Kemerdekaan dan Istri Pejuang Kemerdekaan di halaman rumah jabatan Wali Kota Balikpapan. Dan dilanjutkan dengan acara silaturahim Wali Kota Balikpapan dengan Para Pejuang Kemerdekaan dan Istri Pejuang Kemerdekaan di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan. Pada acara tersebut juga diserahkan bantuan untuk Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cabang Kota Balikpapan sebesar Rp.474.800.000,- , Bantuan untuk Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI) Cabang Kota Balikpapan sebesar Rp.725.200.000,- , Bantuan untuk DPC PEPABRI Cabang Kota Balikpapan sebesar Rp.50.000.000,- , Bantuan untuk DPC PERTUNI Cabang Kota Balikpapan sebesar Rp.20.000.000,- dan Bantuan untuk 4 LKSA & 2 Yayasan masing-masing sebesar Rp.10.000.000,- dari Pemerintah Kota Balikpapan dan diakhiri dengan Siraman Rohani oleh Mayor Drs. HM. Solehuddin, MM Ketua Dewan Masjid Kota Balikpapan.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Balikpapan, H. M. Rizal Effendi, menyampaikan di dalam sambutannya bahwa Pahlawan Nasional, Perintis Kemerdekaan dan Para Pejuang yang telah berjasa terhadap Bangsa dan Negara wajib dihormati dan dihargai sekaligus sebagai sosok panutan yang perlu diteladani oleh segenap masyarakat dalam meneruskan cita-cita perjuangan bangsa. Hal ini sejalan dengan upaya mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang besar dan disegani dalam pergaulan bangsa-bangsa di dunia, sebagaimana semangat motto klasik yang mengatakan bahwa “Hanya bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”. Dalam rangka mewujudkan keinginan tersebut, maka jiwa, semangat dan nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, kejuangan perlu dilestarikan dan didayagunakan oleh segenap bangsa khususnya kalangan generasi muda sehingga menjadi bagian dari sikap dan perilaku sehari-hari.

Wali Kota Balikpapan, H. M. Rizal Effendi menerangkan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada Veteran, Pemerintah telah menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Hari Veteran Nasional yang ditetapkan pada tanggal 10 Agustus. Peringatan Hari Veteran Nasional tersebut dimaksudkan untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949 setelah para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia melawan tentara Belanda. Selain itu juga Pemerintah memberikan Hak-hak tertentu bagi Anggota Veteran Republik Indonesia sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2012 Tentang Veteran Republik Indonesia pasal 4 ayat 1 antara lain :

  1. Keringanan Kewajiban Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan.
  2. Keringanan Pembayaran Biaya Penggunaan Transportasi Jasa Angkutan Penumpang.
  3. Jaminan Pemeliharaan Kesehatan.
  4. Keringatan Biaya Pendidikan.
  5. Bimbingan Usaha Kecil dan Menengah.
  6. Hak Memperolah Perlindungan Hukum.

Pemerintah Kota Balikpapan juga memberikan perhatian terhadap kesejahteraan para Veteran dan Janda Veteran berupa Tali Asih yang setiap tahun diberikan sesuai dengan kemampuan keuangan Pemerintah Kota Balikpapan. Kami berharap jangan dilihat dengan jumlah nilainya, tetapi ini sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kita kepada para Veteran yang berada di Kota Balikpapan, urainya. (Lts)