SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

Pelatihan Tenaga Kerja Bagi Gakin

Thursday - 22 September 2016 - Dibaca: 1300 kali

Disnakersos_Bpp - Demi memberikan bantuan kepada keluarga miskin (gakin) agar memperoleh keterampilan dan keahlian tertentu untuk meningkatkan kompetensi kerja, Disnakersos Kota Balikpapan menyelenggarakan Pelatihan Tenaga Kerja bagi Keluarga Miskin. Adapun tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk menciptakan tenaga kerja kompeten, sehingga para peserta mampu bersaing di era globalisasi MEA ataupun berwirausaha.

Pelatihan ini terbagi menjadi 3 Jurusan  yaitu Jurusan Menjahit, Tata Boga dan Mekanik Otomotif. Pelatihan ini diadakan dengan waktu dan tempat yang terpisah berdasarkan jurusannya masing-masing. Untuk Jurusan Menjahit, pelatihan telah diselenggarakan pada 3 Mei - 30 Mei 2016 lalu. Sedangkan Jurusan Tata Boga diselenggarakan setelahnya, yaitu pada 31 Mei - 4 Juni 2016. Kedua pelatihan ini bertempat di Lembaga Pelatihan Kerja Bayu dan masing-masing pelatihan diikuti oleh 16 peserta. Pada 18 Juli – 13 September 2016, dilanjutkan dengan pelatihan Jurusan Mekanik Otomotif yang diikuti oleh 16 peserta dan berlokasi di Lembaga Pelatihan Kerja Sinar Pritama.

Sebagaimana yang kita tahu, situasi ketenagakerjaan saat ini belum menggembirakan karena masih besarnya angka pengangguran dan terjadinya PHK karena merosotnya harga minyak dunia dan banyak tutupnya perusahaan tambang batubara. Sehingga berdampak kompleks permasalahan lesunya perekonomian yang dalam mengatasinya perlu kerjasama Pemerintah, Perusahaan dan Masyarakat.

Salah satu yang menjadi kendala adalah masih rendahnya kualitas sumber daya manusia pencari kerja,  masih adanya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang umumnya belum siap kerja dan masih rendahnya minat berwirausaha.

Pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang kualifikasi jabatan atau pekerjaan. Oleh karena itu, pelatihan kerja merupakan suatu kebutuhan dasar yang harus diikuti setiap tenaga kerja yang ingin sukses.

Seiring dengan berlakunya era perdagangan bebas Asean (Masyarakat Ekonomi Asean), maka Pemerintah Kota Balikpapan dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan setiap tahun melaksanakan program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja dengan menyelenggarakan pelatihan kerja guna menciptakan tenaga kerja yang kompeten serta sebagai salah satu jalan dalam penanggulangan kemiskinan.

Program pelatihan ini dilaksanakan karena mengacu kepada kebutuhan pasar yang menumbuhkan jiwa kreatif di masyarakat. Dengan diselenggarakannya program pelatihan tenaga kerja bagi penduduk miskin setiap tahunnya,  menunjukkan keseriusan Pemerintah Kota melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan dalam upaya menciptakan tenaga kerja bagi penduduk miskin demi meningkatkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dan mengisi kesempatan berwirausaha guna meningkatkan taraf hidup menuju keluarga sejahtera. (han/lts)