SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

SOSIALISASI PROGRAM PEMAGANGAN LUAR NEGERI KE JEPANG

Thursday - 17 November 2016 - Dibaca: 4509 kali

Disnakersos_Bpp – Pada Hari Kamis, 16 November 2016 Bertempat di Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan, Jl. Kol. H. Syarifuddin Yoes No.1 RT.03 Kel. Sepinggan Kec. Balikpapan Selatan – Balikpapan.  Telah dilaksanakannya Sosialisasi Program Pemagangan Luar Negeri Ke Jepang yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur. Dibuka secara resmi oleh yang mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur Ibu Ir. Sulistri Kawiyani, M.Ed selaku Kabid Pengembangan Tenaga Kerja.

Acara ini di hadiri oleh para undangan yang terdiri dari perwakilan masyarakat dari 34 Kelurahan di Kota Balikpapan, Siswa/i SMK Negeri dan Swasta di Kota Balikpapan dan perwakilan dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Di acara tersebut juga menghadirkan Para Alumni dari Program Pemagangan Ke Jepang yaitu Bp. I Made Dwi Prasetya selaku Alumni Program Pemagangan Ke Jepang Tahun 2008, Bp. M. Aminudin Suratman selaku Alumni Program Pemagangan Ke Jepang Tahun 1991 dan Bp. Linardi selaku Alumni Program Pemagangan Ke Jepang Tahun 2004.

Pada kesempatan ini Para Alumni dari Program Pemagangan Ke Jepang memberikan Testimoni atas Program Pemagangan yang telah mereka laksanakan. Testimoni ini bertujuan untuk memberikan semangat serta menggali dan menguatkan minat masyarakat untuk mengikuti Program Pemagangan Ke Jepang serta membagikan pengalaman kepada masyarakat atas kesan dan pesan yang didapatkan setelah mengikuti Program Pemagangan Ke Jepang tersebut. 

Berawal dari mimpi ingin mendaki Gunung Fuji dengan ketinggian 3.776 M yang merupakan gunung tertinggi yang berada di Jepang. Bp. Linardi selaku Alumni Program Pemagangan Ke Jepang Tahun 2004 ini mengungkapkan alasan pendaftaran dirinya pada saat itu untuk mengikuti Program Pemagangan tersebut. Hampir sama dengan Bp. I Made Dwi Prasetya selaku Alumni Program Pemagangan Ke Jepang Tahun 2008 juga bermula dari mimpi ingin melihat mekarnya Bunga Sakura serta ketertarikannya akan kedisiplinan orang-orang Jepang yang memicu Bp. I Made Dwi Prasetya untuk giat belajar dan berlatih dalam menghadapi proses seleksi Program Pemagangan Ke Jepang sampai akhirnya terpilih menjadi Peserta dari Program Pemagangan Ke Jepang tersebut.

Semangat untuk pantang menyerah dengan semboyan “Apabila Orang Lain Bisa, Maka Aku Juga Bisa” yang membuat Bp. M. Aminudin Suratman selaku Alumni Program Pemagangan Ke Jepang Tahun 1991 memiliki tekad yang kuat untuk mampu bersaing dengan peserta yang lain dalam proses seleksi yang dihadapi untuk mengikuti Program Pemagangan Ke Jepang. Sekarang Bp. M. Aminudin Suratman telah memiliki usaha LPK Pemagangan Ke Jepang yang bernama LPK Nozomi, begitu pula dengan Bp. Linardi yang telah memiliki Usaha Cucian Mobil serta Bp. I Made Dwi Prasetya yang memiliki Usaha Perkebunan. Mereka para alumni dari Program Pemagangan Ke Jepang ini telah menunjukkan keberhasilan mereka dari Program Pemagangan yang telah diikuti.

Sampai hari ini sudah ada 43 peserta yang mendaftarkan dirinya ke Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan untuk mengikuti Program Pemagangan Ke Jepang. Diharapkan dengan diadakannya Sosialisasi Program Pemagangan Ke Jepang ini dapat menambah minat masyarakat untuk mengikuti Program Pemagangan Ke Jepang tersebut. Para undangan yang hadir di acara sosialisasi ini diberikan juga formulir pendaftaran pemagangan dan leaflet yang berisi informasi dari Program Pemagangan Ke Jepang. Adapun tips bagi calon peserta pemagangan sebelum mendaftar dan mengikuti tes seleksi antara lain :

  1. Mempersiapkan perlengkapan administrasi asli dan foto copy.
  2. Jauhi narkoba dan obat-obatan terlarang sejenisnya.
  3. Mempersiapkan kondisi tubuh dan ketahanan fisik, dengan cara : 

    -  Mengkonsumsi makanan yang bergizi, sehat dan bersih.

    -  Berlatih lari, push up dan sit up secara rutin.

    -  Tidak merokok.

    -  Menjaga kesehatan diri dari segala macam penyakit.

  4. Mendaftar langsung ke tempat pendaftaran yang telah di tentukan tidak mewakilkan atau melalui perantara.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan selamat mencoba, karena pendaftaran peserta Program Pemagangan Ke Jepang masih belum di tutup. Maka jangan sampai kesempatan ini terlewatkan. (lts)