SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

SOSIALISASI PEMAGANGAN DALAM NEGERI DAN APPRENTICE MARKET FAIR (AMF) 2017

Monday - 08 Mei 2017 - Dibaca: 1512 kali

Disnaker_Bpp – Telah dilaksanakannya Sosialisasi Pemagangan Dalam Negeri dan Apprentice Market Fair (AMF) 2017, pada hari Kamis, 4 April 2017 bertempat di Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, Jalan. Jend. Sudirman RT.10 No.02 Kel. Klandasan Ulu Kec. Balikpapan Kota-Balikpapan. Acara yang di buka langsung oleh Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan (Mufidah Hayati), dihadiri oleh Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kota Balikpapan atau yang mewakili .

Pada kesempatan ini Ketua Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan Kota Balikpapan (Bambang Jati) dan Anggota  Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan Kota Balikpapan yang juga selaku Perwakilan PT.Hexindo Adi Perkasa (Kherta Lugina) bertugas sebagai narasumber pada acara Sosialisasi Pemagangan Dalam Negeri dan Apprentice Market Fair (AMF) 2017.

Ketua Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan Kota Balikpapan (Bambang Jati) menyampaikan pengertian tentang magang yang benar serta perbedaan antara magang dengan Praktek Kerja Lapangan (PKL), Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) kepada peserta Sosialisasi Pemagangan Dalam Negeri dan Apprentice Market Fair (AMF) 2017 yang hadir. Sedangkan Anggota  Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan Kota Balikpapan yang juga selaku Perwakilan PT.Hexindo Adi Perkasa (Kherta Lugina) menyampaikan pengertian magang dari sudut pandang perusahaan atau pelaku usaha dan bagaimana perusahaan merekrut calon peserta magang serta tata cara melakukan pemagangan yang baik dan sesuai dengan perundang-undangan.

Karena yang perlu diperhatikan pada saat ingin mengikuti program pemagangan maka hal yang perlu diingat bahwa magang yang benar itu adalah harus memiliki “Perjanjian Magang” antara peserta magang dengan perusahaan dan diketahui oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan.

Adapun salah satu tujuan dari acara Sosialisasi Pemagangan Dalam Negeri dan Apprentice Market Fair (AMF) 2017 ini adalah agar para Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kota Balikpapan atau yang mewakili mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai dunia pemagangan sehingga dengan pengetahuan tersebut dapat membekali muri-muridnya sebelum terjun di dunia kerja serta menginginkan agar murid-murid didiknya yang fresh graduate dapat berpartisipasi di dalam kegiatan Apprentice Market Fair (AMF) atau Pameran Bursa Pemagangan 2017 yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 sampai 19 Mei 2017 di Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) Dome, yang mana kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan Deklarasi Pemagangan Menuju Indonesia Kompeten yang direncanakan akan dihadiri olek Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo). (lts)