SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

Pembukaan Pelatihan Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2017 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan

Thursday - 20 Juli 2017 - Dibaca: 1671 kali

Disnaker_Bpp – Pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Program pemagangan ditetapkan menjadi program unggulan karena mampu, membantu Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pelatihan kerja yang murah, mengurangi pengangguran dan menciptakan kesempatan kerja. Oleh sebab itu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Kaltim bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan menyelenggarakan “Kegiatan Pelatihan Pemagangan Dalam Negeri”. Dan telah dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2017 oleh Kepala Disnaker Kota Balikpapan bertempat di Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan, Jl. Kol. H. Syarifuddin Yoes No.1 RT.03 Kel. Sepinggan Kec. Balikpapan Selatan – Balikpapan.

Di dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan (Tirta Dewi) membuka secara resmi  acara Pembukaan Pelatihan Program Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2017 dan menyampaikan bahwa program pemagangan dapat membantu tenaga kerja secara cepat terserap di pasar kerja. Karena program pemagangan, memberikan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, dan sekaligus pengalaman kerja dengan berbagai kondisi ketenagakerjaan di perusahaan kepada para tenaga kerja.

Adapun peserta yang mengikuti Kegiatan Pelatihan Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2017 sebanyak 160 Orang yang terbagi dalam 16 Paket Pemagangan, dengan kejuruan sebagai berikut : Produksi (1 Paket), Cook Helper (1 Paket), Staff Engineering (1 Paket), Tata Kecantikan Rambut (2 Paket) dan Perhotelan (11 Paket). Waktu pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2017 dilaksanakan selama 5 (lima) bulan terhitung sejak bulan Juli sampai dengan November 2017 dengan tempat pelaksanaan di 11 (sebelas) perusahaan, yaitu : PT. Kruing Lestari jaya, PT. Aerofood Indonesia, LPK Lies, Hotel Pacific, Hotel Novotel – Ibis, Hotel Grand Tjokro, Hotel Fave, Hotel Bahtera, Hotel Horison Sagita, Hotel Platinum dan Hotel Herly.

Para peserta pemagangan tidak dipungut biaya (gratis) dan kegiatan ini dianggarkan melalui DIPA Dana Dekonsentrasi Kementrian Ketenagakerjaan R.I. Tahun 2017. Oleh karena itu, para peserta pemagangan diharapkan dapat mempergunakan peluang dan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya disiplin dan tekun menjaga kesehatan sehingga dapat mengikuti pelatihan dengan baik. (lts)