SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

PENUTUPAN PELATIHAN TENAGA KERJA KEJURUAN UJI TANPA RUSAK

Wednesday - 02 Mei 2018 - Dibaca: 966 kali

Disnaker_BppTelah dilaksanakan Penutupan Pelatihan Tenaga Kerja Kejuruan Uji Tanpa Rusak Kerjasama Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan dengan LPK Sarana Quality Teknik. bertempat di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Sarana Quality Teknik, Jl. Asoka Raya Blok G5 Pesona Country Balikpapan Baru, pada hari Kamis, 26 April 2018. Pelatihan Uji Tanpa Rusak diikuti oleh 16 Orang Peserta yang telah melalui proses seleksi tertulis dan wawancara, selama 9 hari sejak tanggal 18 s.d 26 April 2018.

Uji Tanpa Rusak (Non Destructive Testing) adalah aktivitas pengujian (inspeksi) terhadap suatu benda / material untuk mengetahui adanya cacat, retak, atau discontinuity lain tanpa merusak benda yang diuji. Pada pelatihan ini peserta diajarkan dua metode pengujian, yang pertama adalah  Magnetic Particle Testing (MT) yaitu pengujian yang menggunakan prinsip medan magnet untuk mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada material dan medan magnet tersebut timbul dari adanya arus listrik yang mengaliri specimen pengujian, Metode kedua adalah Penetrant Testing (PT) yaitu dengan melakukan penyemprotan menggunakan cairan kimia untuk mencari retakan/celah pada pori - pori permukaan material uji tersebut hingga pada bagian yang paling dalam.

Muhammad Erick Wardana salah satu peserta pelatihan menyampaikan terima kasih kepada Disnaker Kota Balikpapan dan LPK Sarana Quality Teknik yang telah bersedia melatih serta diharapkan program pelatihan kerja seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya, atau bahkan kuota peserta pelatihan diberikan lebih banyak lagi karena sangat membantu pencari kerja dalam meningkatkan keahlian / kompetensi. 

Pada kesempatan ini Direktur LPK Sarana Quality Teknik, Bapak Sumardi, berharap skill dan pengetahuan yang telah diberikankan selama mengikuti pelatihan dapat berguna dan bermanfaat pada saat bekerja terutama di bidang Quality Control / Inspeksi, serta disampaikan pula bahwa ada beberapa alumni pelatihan Uji Tanpa Rusak di LPK Sarana Quality Teknik yang berhasil berkarir di Luar Negeri.

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, Bapak Djonaziansjah juga mengharapkan alumni pelatihan kerja Disnaker Kota Balikpapan semuanya dapat berhasil dan berpesan kepada peserta untuk menjaga attitude / sikap, jauhi narkoba, dan terus meningkatkan kompetensi diri sehingga kedepannya peserta mampu bersaing mengisi kesempatan kerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri. (LATTAS-din/lts)