SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

MAY DAY IS FUN DAY

Wednesday - 02 Mei 2018 - Dibaca: 995 kali

Disnaker_BppSetiap tanggal 1 Mei diperingatinya Hari Buruh Internasional atau yang biasa disebut dengan May Day. Peringatan Hari Buruh Internasional ini merupakan momentum untuk menyatukan sikap dan arah perjuangan para Pekerja/Buruh khususnya di Kota Balikpapan. Dengan mengusung tema “Wujudkan integritas dan idealisme pekerja/buruh dalam membangun kondusifitas dan sinergitas kegiatan ekonomi, politik dan sosial budaya Kota Balikpapan” Kegiatan May Day Tahun 2018 ini dikemas dalam nuansa family gathering guna mempererat tali silahturrahim antar pekerja/buruh di Kota Balikpapan bersama pemerintah.

Bertempat di Kilang Mandiri Café and Resto Balikpapan acara May Day is Fun Day berlangsung. Walau sempat diguyur hujan namun semangat mereka tetap bergelora sampai di penghujung acara. Acara ini di hadiri oleh Asissten Tata Pemerintahan (Syaiful Bahri), Kapolres Kota Balikpapan (Wiwin Firta), Wakapolres Kota Balikpapan (Yolanda) beserta jajarannya, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Tirta Dewi), Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan (Kusumo), Kepala Cabang BPJS Kesehatan (Muhammad Fakhriza), Apindo (Giat Wahjoe Warti), Tripartit (Rivai Sudirman) dan Jajaran Muspida serta Para Pekerja/Buruh yang ada di Kota Balikpapan beserta Keluarganya.

Peringatan May Day diawali dengan kegiatan Senam Bersama, yang dilanjutkan dengan Dialog / Penyampaian Aspirasi serta Gathering (Hiburan dan Pembagian Doorprize).

Dan tidak hanya itu, di acara tersebut juga dibuka gerai-gerai pelayanan berupa pendaftaran peserta dan pemeriksaan kesehatan oleh BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, Sim Keliling, Properti/Perumahan, Minuman Kesehatan dan lain-lain.

Pada kesempatan ini Kasat Lantas Polresta Balikpapan turut meramaikan kegiatan may day  dengan memberikan pencerahan mengenai safety drive serta pandai di dalam berlalu lintas di jalan.

Peringatan May Day berjalan dengan baik tanpa anarkis ini membuktikan bahwa semakin cerdasnya serikat pekerja/serikat buruh sehingga kondusifitas kota dapat terwujud. Dan aspirasi dapat tetap diberikan tanpa harus turun ke jalan, karena masyarakat Balikpapan sesungguhnya sangat mencintai Kota Balikpapan Beriman.

Adapun Aspirasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang tergabung dalam Forum Komunikasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Kota Balikpapan diterima langsung oleh Asissten Tata Pemerintahan  didampingi  Kadisnaker Kota Balikpapan, dengan isi aspirasi sebagaimana berikut :

1. Revisi UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

2. Perlu revisi UU No.21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

3. Tinjau kembali PP No.78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

4. Implementasikan PP No.45 Tahun 2015 secara murni dan konsekuen.

5. Menolak keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) berkedok investasi.

6. Minimnya jumlah Pegawai Pengawas dan Mediator Kota Balikpapan.

7. Minimnya sarana/fasilitas untuk Pelatihan Kerja (Training Centre).


Pada prinsipnya Pemerintah Kota Balikpapan memberikan apresiasi kepada seluruh pekerja/buruh yang melaksanakan peringatan may day 2018, sedangkan untuk masukan/tuntutan yang disampaikan oleh Ketua Forum Komunikasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Kota Balikpapan menjadi perhatian dan pertimbangan untuk ditindaklanjuti bersama OPD/Instansi terkait. Sehingga dapat terciptanya Kota Balikpapan yang nyaman untuk dihuni, aman untuk investasi serta menjadi Kota Madinatul Iman, kota yang dibangun dengan amal, dijaga dengan iman dan dibela dengan doa. (lts/td)