SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

PAMERAN BURSA PEMAGANGAN (APPRENTICE MARKET FAIR) TAHUN 2018

Wednesday - 09 Mei 2018 - Dibaca: 1109 kali

Disnaker_BppDinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan menyelenggarkan Pameran Bursa Pemagangan/Apprentice Market Fair dengan maksud dan tujuan yaitu mempertemukan Perusahaan Penyelenggara Pemagangan dengan Pencari Kerja Muda (Fresh Graduate) guna memberikan pengalaman kerja secara langsung dengan bimbingan mentor/supervisi yang kompeten di bidangnya dengan tujuan menciptakan Tenaga Kerja kompeten sehingga mampu bersaing di Era Globalisasi MEA.

Kegiatan ini dilaksanakan  di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) DOME, Jl. Ruhui Rahayu I Sepinggan Balikpapan, pada hari Senin s.d Selasa, 07 - 08 Mei 2018. Pada kesempatan ini Bapak Djonaziansjah (Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan selaku Ketua Panitia) menyampaikan bahwa Perusahaan yang menjadi Peserta AMF berjumlah  40 Perusahaan dengan bidang usaha Perhotelan, Pertambangan, Migas, Jasa Kesehatan, Manufactur, Pariwisata, Jasa Catering, Alat Berat, Otomotif, Retail. Dengan jumlah Lowongan Magang sebanyak 676 Lowongan, dalam 22 Jabatan dan kegiatan ini tidak di pungut biaya (gratis).

Bapak Bambang Jati Kusuma (Ketua FKJP Kota Balikpapan) di dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kesekiankalinya sudah Disnaker bersama FKJP dan Perusahaan menyelenggarakan Apprentice Market Fair, Pemagangan adalah berdasarkan kesadaran kita semua untuk mengembangkan SDM di Kota yang kita cintai ini.  Pengembangan SDM adalah tanggung jawab kita untuk tenaga kerja yang kompeten karena Indonesia akan memiliki 70% usia produktif pada tahun 2040-2045. Untuk itu kita perlu mempersiapkan generasi tersebut agar tidak gagal.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Plt. Wali Kota Balikpapan yang dalam hal ini diwakili oleh Asissten Tata Pemerintahan (Bapak Saiful Bahri). Pada saat peresmian tersebut beliau menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Balikpapan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini, sebagai kota industri, perdagangan, jasa dan pariwisata yang layak huni sudah selayaknya menyiapkan pencari kerja yang siap pakai sesuai dengan kebutuhan kerja. Pemagangan merupakan solusi bagi pencari kerja muda yang memerlukan pengalaman kerja sebagai solusi kualifikasi lowongan pekerjaan yang mencantumkan pengalaman kerja. Melalui Apprentice Market Fair diharapkan banyak peserta yang mendapatkan kesempatan memasuki dunia kerja guna mendapatkan pengalaman kerja serta kompetensi dan apabila memungkinkan bukan tidak mungkin akan direkrut oleh Perusahaan penerima magang. 

Salah satu Perusahaan Penyelenggara Magang, Bapak Arif Muzakki (PT. United Hydraulic Technology) memberikan testimoni dari kegiatan ini, beliau menjelaskan dengan adanya pemagangan secara tidak langsung dapat membantu perusahaan menseleksi calon karyawan terutama dalam hal hardskill, softskill, attitude, dan lainnya. Serta berharap program pemagangan di Kota Balikpapan tetap berlanjut.

Alumni Peserta Pemagangan dari PT. Thiess Contractors Indonesia Bapak Eko Usparyadi, menceritakan bahwa sebelum berkarir di PT. Thiess beliau bersekolah di SMK Kartika V-I Balikpapan dimana sebelumnya sempat menanggur selama satu tahun. Beliau mendaftarkan diri ke program pemagangan dan berhasil lulus seleksi. Setelah selesai mengikuti pemagangan langsung ditempatkan di salah satu site PT. Thiess. Selama magang beliau mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru, dan pada saat praktik beliau mendapatkan tantangan bagaimana menjadi seorang teknisi yang handal, karena jika kita tidak bisa menjadi seorang teknisi handal akan berimbas kepada Perusahaan itu sendiri dan bisa mendapatkan kerugian. Saat ini Bapak Eko Suparyadi berposisi sebagai Trainer (Specialist Training Mechanical) yang bertugas memberikan pengarahan dan pengetahuan kepada peserta-peserta pemagangan. (LATTAS-din/lts)