SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

BERDIALOG BERSAMA SERIKAT PEKERJA/SERIKAT BURUH KOTA BALIKPAPAN

Tuesday - 16 April 2019 - Dibaca: 1226 kali

Disnaker_Bpp – Untuk mendukung Visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Tahun 2016 - 2021 yaitu “Mewujudkan Kota Balikpapan Sebagai Kota Terkemuka, Nyaman Dihuni,  dan Berkelanjutan Menuju Madinatul Iman”, maka Dinas Ketenagakerjaan  Kota Balikpapan menyelenggarakan kegiatan Dialog Hubungan Industrial Bagi Serikat Pekerja/ Serikat Buruh di Kota Balikpapan, pada hari Senin, 15 April 2019 bertempat di Ruang Rapat Disnaker Kota Balikpapan Lantai 4, dengan mengundang narasumber dari Kementerian Ketenagakerjaan RI (Fritz Simon Saortua) selaku Kasi Organisasi Pekerja dan peserta kegiatan yang berasal dari 50 (lima puluh) Serikat Pekerja/Serikat Buruh dengan yang dapat hadir sebanyak 23 (dua puluh tiga) dari 18 (delapan belas) Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan (Tirta Dewi), yang mana di dalam sambutanya disampaikan bahwa kegiatan Dialog Hubungan Industrial ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan May Day di Kota Balikpapan, dimana sebelumnya Disnaker Kota Balikpapan telah mengundang para Pengurus Serikat Pekerja/Serikat buruh untuk hadir dalam kegiatan rapat persiapan May Day sebanyak 2 (dua) kali di bulan Maret 2019. Hal Ini sejalan dengan tema perayaan Hari Buruh Tahun 2019 yaitu “May Day, Together We Grow”. Perayaan hari buruh diharapkan mampu menciptakan nuansa kebersamaan antara Pekerja, Serikat Pekerja/Serikat Buruh, Pengusaha, dan Pemerintah, yang selanjutnya secara bersama-sama dapat menumbuhkan solidaritas dari para pelaku hubungan industrial tersebut.

Pada kesempatan ini Kadisnaker Kota Balikpapan mengingatkan kepada peserta kegiatan bahwa 2 (dua) hari lagi kita akan merayakan Pesta Demokrasi yaitu Pemilihan Umum Presiden / Wakil Presiden dan Wakil Rakyat. Semoga kita semua mampu menyalurkan aspirasi dengan baik, dapat mensukseskan jalannya pemilu yang berlangsung dengan aman dan tertib.

Kegiatan dialog yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Disnaker Kota Balikpapan untuk membentuk sinergitas antara Serikat Pekerja/Serikat Buruh dengan Pemerintah guna mewujudkan hubungan industrial yang harmonis. Dialog dilakukan untuk menyamakan persepsi dan membangun komunikasi yang efektif atas setiap persoalan ketenagakerjaan yang terjadi, khususnya dalam hubungan industrial dan organisasi serikat pekerja.

Beberapa tahun terakhir, Disnaker Kota Balikpapan dihadapkan pada persoalan terkait administrasi serikat pekerja/serikat buruh, yaitu perubahan AD/ART yang tidak diberitahukan sehingga menimbulkan tuntutan untuk dilakukan pencabutan atas tanda bukti pencatatan, serta adanya pelaporan penjenjangan organisasi serikat pekerja yang mana sebelumnya telah dilaporkan dengan nama dan logo organisasi yang sama.

Oleh karenanya, Disnaker Kota Balikpapan menganggap perlu dilakukan pencerahan guna meningkatkan wawasan bagi pengurus serikat pekerja/serikat buruh dalam mewujudkan tertib administrasi serikat pekerja/serikat buruh. Selain itu, melalui kegiatan Dialog Serikat Pekerja/Serikat Buruh ini diharapkan apa yang menjadi aspirasi dari serikat pekerja/serikat buruh dapat tersampaikan dan menjadi bahan masukan bagi regulator ketenagakerjaan dalam pengaturan ketenagakerjaan.

Sebagai informasi tambahan, bahwa saat ini Disnaker Kota Balikpapan telah memiliki aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Ketenagakerjaan Dalam Hubungan Industrial (SIMPATI) yang didalamnya terdapat fitur serikat pekerja. Dengan berjalannya aplikasi tersebut, diharapkan tertib administrasi serikat pekerja dapat semakin terwujud dengan baik. (hh-td/lts)

 

“Kerja Sama Terjalin Kinerja Organisasi Terwujud”