SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

WEDNESDAY INSPIRING “PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL MELALUI PERUNDINGAN BIPARTIT”

Monday - 29 April 2019 - Dibaca: 779 kali

Disnaker_Bpp – Rabu, 24 April 2019 telah dilaksanakannya kegiatan Wednesday Inspiring dengan tema “Penyelesaiaan Perselisihan Hubungan Industrial Melalui Perundingan Bipartit”, bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Kantor Disnaker Kota Balikpapan. Kegiatan yang dihadiri oleh 23 (dua puluh tiga) peserta dari 18 (delapan belas) Serikat Pekerja/Serikat Buruh ini, dibuka secara resmi oleh Ibu Niswaty selaku Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Tenaga Kerja mewakili Kepala Disnaker Kota Balikpapan.

 Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Melalui Perundingan Bipartit merupakan upaya win-win solution dan wajib dilakukan sebagai langkah awal dalam penyelesaian perselisihan hubungan industrial. Penyelesaian perselisihan hubungan industrial melalui perundingan bipartit sangatlah mulia karena penyelesaiannya dilakukan secara kekeluargaan dalam lingkup internal para pihak yang berselisih. Seringkali pencatatan perselisihan hubungan industrial yang diajukan ke Disnaker Kota Balikpapan belum dilengkapi dengan bukti bahwa telah dilakukan upaya perundingan bipartit. Oleh karenanya, Disnaker perlu untuk memberikan pembinaan terkait Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Melalui Perundingan Bipartit khususnya bagi Pengurus Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

Kegiatan diawali dengan perkenalan dari para peserta yang hadir, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Kasi. Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (Ibu Kasma Ervina Haida). Pada saat sesi pemaparan materi  dilakukan juga sesi tanya jawab secara langsung oleh peserta dan sharing antar Pengurus SP/SB yang hadir. Disnaker Kota Balikpapan juga turut mengundang Konsultan IT Disnaker Kota Balikpapan (Bpk. Heru) untuk memaparkan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Ketenagakerjaan dalam Hubungan Industrial (SIMPATI) terkait Fitur Serikat Pekerja/Serikat Buruh. Pengurus SP/SB yang hadir nantinya dapat menggunakan Aplikasi SIMPATI tersebut dalam Pelaporan Perubahan AD/ART, Perubahan Pengurus  atau Diary SP/SB.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapakan agar para Pengurus SP/SP dapat menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan ataupun perselisihan hubungan industrial secara kekeluargaan melalui perundingan bipartit. Maka dengan tercapainya suatu kesepakatan dalam perundingan bipartit, akan mengurangi angka pencatatan perselisihan hubungan industrial di Disnaker Kota Balikpapan dan terciptanya kondusifitas ketenagakerjaan di Kota Balikpapan. (hh/lts)

“Kerja Sama Terjalin Kinerja Organisasi Terwujud”