SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

MAYDAY 2019 – TOGETHER WE GROW

Thursday - 02 Mei 2019 - Dibaca: 1459 kali

Disnaker_Bpp – 01 Mei merupakan Hari Buruh Internasional, yang mana semua pekerja/buruh diseluruh dunia menjadikan momen ini sebagai ruang untuk memberikan aspirasinya kepada Pemerintah. Di Kota Balikpapan, Hari Buruh Internasional atau yang biasa disebut dengan MayDay diperingati dengan menyelenggarakan kegiatan di dalam ruangan dengan konsep “Talk Show” pada hari Rabu, 01 Mei 2019 bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Klandasan Lantai 8.

Together We Grow menjadi tema MayDay 2019 yang memiliki arti bahwa saatnya Pekerja, Pengusaha dan Pemerintah tumbuh Bersama, dengan cara :

  1. Pekerja/Buruh harus meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan-pelatihan.
  2. Pengusaha harus memberikan kesempatan bagi pekerja/buruh untuk meningkatkan     keterampilan dan pengetahuannya.
  3. Pemerintah harus memperluas kesempatan pelatihan bagi pekerja/buruh dalam peningkatan kompetensi dan membuat regulasi yang mendorong perwujudan hubungan industrial harmonis.

Kegiatan MayDay 2019 di Kota Balikpapan dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan, Unsur Forkopimda Kota Balikpapan, Direktur Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemenaker RI, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, Ketua Forum Komunikasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Kota Balikpapan dan Para Pekerja/Buruh di Kota Balikpapan.

            Para Pekerja/Buruh yang bergabung melalui Forum Komunikasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh menyampaikan aspirasinya pada saat kegiatan MayDay dan diterima langsung oleh Wali Kota Balikpapan, sebagai berikut :

  1. Revisi UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
  2. Perlu revisi UU No. 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh.
  3. Tinjau kembali PP No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.
  4. Implementasikan PP No. 45 Tahun 2015 secara murni dan konsekuen.
  5. Menolak keberatan Tenaga Kerja Asing (TKA) Non Skill.
  6. Pembentukan Pengadilan Hubungan Industrial Kota Balikpapan.
  7. Perkuat peran Disnaker Kota Balikpapan dalam pengelolaan dan penempatan Tenaga Kerja.

Dari sekian aspirasi diatas, harus menjadi perhatian bersama seluruh stake holder baik Pemerintah, Apindo maupun Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

            Setelah aspirasi serikat pekerja/serikat buruh disampaikan, maka acara dilanjutkan dengan Talk Show oleh Narasumber, yaitu :

  1. Bapak Muhsin Budiono (Supervisor Distributor – PT. Pertamina (Persero)) dengan materi “Followership in 4.0 Industrial Revolution”.
  2. Bapak Wahyu Widodo (Direktur Jaminan Sosial Tenaga Kerja – Kemenaker RI) dengan materi “Pensiun”.
  3. Bapak Kusumo (Kepala Cabang – BPJS Ketenagakerjaan Kota Balikpapan) dengan materi “Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan”.

Dan sebagai penutup, diakhir acara dilakukannya pembagian doorprize kepada seluruh peserta kegiatan yang beruntung. (lts)

 

“Kerja Sama Terjalin, Kinerja Organisasi Terwujud”