SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

PENGARAHAN PESERTA PELATIHAN KERJA BERBASIS KOMPETENSI KEJURUAN MEKANIK ALAT BERAT, RIGGING DAN SCAFFOLDING TAHUN 2019

Wednesday - 28 Agustus 2019 - Dibaca: 814 kali

Disnaker_Bpp – Senin, 26 Agustus 2019, Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan melakukan pembekalan kepada Peserta Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi Kejuruan Mekanik Alat Berat, Rigging dan Scaffolding Tahun Anggaran 2019. Peserta Pelatihan ini adalah Pendaftar yang lulus seleksi hasil dari tes tertulis dan wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 08 s.d 10 Juli 2019 lalu,  yang diikuti oleh sebanyak 270 orang.

Pelatihan ini nantinya akan diikuti oleh sebanyak 48 orang, dengan rincian :

  • Kejuruan Mekanik Alat Berat sebanyak 16 orang selama 63 Hari.
  • Kejuruan Rigging sebanyak 16 orang selama 7 Hari.
  • Kejuruan Scaffolding sebanyak 16 orang selama 6 Hari.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Ibu Mufidah Hayati memberikan arahan kepada peserta pelatihan bahwa saat ini kita telah memasuki era globalisasi, sehingga tidak ada batasan untuk pekerja luar memasuki Kota Balikpapan. Salah satu cara agar pencari kerja lokal tidak kalah bersaing dengan pekerja luar adalah dengan meningkatkan kompetensi dan sertifikasi. Pelatihan Kerja merupakan cara yang efektif untuk peningkatan kompetensi tersebut. Beliau juga meminta semua peserta berkomitmen agar mengikuti pelatihan sampai selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan teknis pelaksanaan pelatihan oleh Kepala Seksi Pelatihan dan Pemagangan, Ibu Hasbi Fahziar, pelatihan kerja ini akan ada pembagian komposisi sebesar 30% Teori dan 70% Praktek. Disampaikan juga untuk jadwal pembukaan pelatihan Rigging dan Scaffolding akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2019 dan Mekanik Alat Berat pada tanggal 30 Agustus 2019.

Diharapkan dengan adanya pelatihan kerja ini dapat memberikan bekal peningkatan Kompetensi/Skill bagi Peserta Pelatihan sehingga pada akhirnya terserap di dunia kerja/industri. (din/lts)

“Kerja Sama Terjalin, Kinerja Organisasi Terwujud”