SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

SOSIALISASI AKREDITASI LEMBAGA PELATIHAN KERJA TAHUN 2019

Friday - 13 September 2019 - Dibaca: 3095 kali

Disnaker_Bpp – Dalam rangka peningkatan mutu penyelenggaraan pelatihan kerja dan meningkatkan kredibilitas Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), pada tanggal 11 dan 12 September 2019 Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melaksanakan Sosialisasi Akreditasi serta Pembinaan kepada LPK di Wilayah Kota Balikpapan.

Bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Disnaker Balikpapan, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Disnaker, Bapak Djonaziansjah dan diikuti oleh sebanyak 22 orang perwakilan dari beberapa LPK.

Bapak Muhammad Yasir, Kasubdit Standar Mutu Lembaga dari Dit.Bina Lemlat Ditjen Bina Lattas Kemenaker RI bertindak sebagai Narasumber pada kegiatan Sosialisasi tersebut. Dalam paparannya dijelaskan bahwa Akreditasi dilakukan berdasarkan Program Pelatihan Kerja dan mengacu kepada Kerangka Mutu Pelatihan Indonesia (KMPI).

KMPI adalah suatu kesatuan yang terdiri dari 8 (delapan) Standar Mutu yang disyaratkan untuk dipenuhi oleh LPK yang akan menyelenggarakan Pelatihan Kerja berdasarkan Sertifikat Kualifikasi Kerja (SKK) atau sebagian dari kualifikasi yang berdasarkan pada suatu Standar Klaster dari unit kompetensi yang terdaftar dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan Program Pelatihan Kerja Tertentu.

8 Standar Mutu yang dimaksud terdiri dari :

  1. Kompetensi Kerja;
  2. Kurikulum dan Silabi;
  3. Materi Pelatihan Kerja;
  4. Assesment Pelatihan Kerja;
  5. Instruktur dan Tenaga Pelatihan;
  6. Sarana dan Prasarana Pelatihan Kerja;
  7. Tata Kelola LPK;
  8. Keuangan.

Dengan diadakannya Sosialisasi Akreditasi LPK ini diharapkan kedepannya semakin banyak LPK di Kota Balikpapan yang mempersiapkan diri untuk melakukan Akreditasi di Lembaga Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja (LA-LPK). (din/lts)