SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

BERBAGI ILMU, MENAMBAH WAWASAN

Friday - 20 September 2019 - Dibaca: 979 kali

Disnaker_Bpp – Jumpa lagi dengan hari Rabu, saatnya mengikuti kegiatan Wednesday Inspiring. Pada hari Rabu, 18 September 2019 kegiatan Wednesday Inspiring telah diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan untuk Para Pencari Kerja dengan Narasumber dari HRD PT. Arkananta Apta Pratista yaitu Bapak Yudi Krisyanto.

Sebelum narasumber menyampaikan materi, seperti biasa Sekretaris Disnaker Kota Balikpapan (Bapak Djonaziansjah) dan Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja (Ibu Rosdiana) memberikan sambutannya kepada para peserta yang hadir di kegiatan Wednesday Inspiring.

Kegiatan ini diikuti oleh 19 Peserta, yang mana para peserta tersebut secara langsung memperoleh materi tentang kiat-kiat dalam mengikuti Psikotest dan Interview yang disampaikan oleh narasumber.

Pada kesempatan ini narasumber  menjelaskan bahwa Psikotes bertujuan untuk mengukur fungsi kognitif dan emosi seseorang serta melihat bagaimana kepribadian seseorang ketika dihadapkan dengan suatu masalah. Sehingga orang yang akan sukses pada suatu bidang bukan hanya mereka yang memiliki kompetensi pada bidang tersebut, namun yang terpenting adalah mereka yang ‘behavior compatible’ dengan pekerjaannya, yakni mereka yang akan menikmati setiap tugas yang diberikan sehingga menghasilkan suatu kinerja yang memuaskan. Sedangkan hal yang terpenting didalam proses Interview adalah cara bersikap dan menjawab pertanyaan.

Narasumber juga menerangkan bahwa dalam mendeskripsikan diri harus jujur sesuai dengan kondisi diri dan tidak melebih-lebihkan. Hindari pernyataan yang bisa mengarahkan kepada kelemahan-kelemahan diri serta hindari pertanyaan yang sangat sensitif seperti berapa besarnya gaji.

Setelah narasumber selesai menyampaikan materinya, kegiatan ditutup dengan ucapan terima kasih dari Kepala Seksi Penempatan Kerja (Bapak Erwin) kepada para peserta dan narasumber. Sungguh kegiatan yang sangat bermanfaat, bukan? berbagi ilmu, menambah wawasan dan pengalaman. Kegiatan ini tidak dipungut biaya (gratis), maka segera daftarkan diri kalian. Dimana lagi belajar bisa senyaman ini, kalau bukan di kegiatan Wednesday Inspiring. (win/lts)

“Kerja Sama Terjalin Kinerja Organisasi Terwujud”