SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

KEKOMPAKAN PEGAWAI BPBD DI DALAM MENGIKUTI KEGIATAN OUTBOND & CAPACITY BUILDING BEKERJA SAMA DENGAN DISNAKER

Monday - 07 Oktober 2019 - Dibaca: 932 kali

Disnaker_Bpp – Dalam rangka menjaga dan memperkuat kekompakan pegawai serta untuk menumbuhkan semangat dan ide-ide positif di dalam bekerja maka, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Balikpapan menyelenggarakan kegiatan Outbond dan Capacity Building bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan.

Kegiatan yang diikuti oleh 35 orang pegawai ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas BPBD Kota Balikpapan (Bapak Suseno) pada hari Sabtu, 05 Oktober 2019 bertempat di Balikpapan Tennis Stadium.

Seluruh pegawai yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan ini, yang mana acara dimulai dengan melakukan senam bersama yang dipandu oleh instruktur. Kemudian dilanjutkan dengan Flying Fox dan berbagai Games Keakraban lainnya.

Disnaker Kota Balikpapan pada kesempatan ini bertugas sebagai Tim Motivator dan membantu dokumentasi kegiatan. Tim Motivator yang dipimpin oleh Psikolog Disnaker Kota Balikpapan (Ibu Kasma Ervina Haida), menyampaikan makna-makna atau nilai-nilai dari permainan yang dilakukan, sebagai berikut :

1. Flying Fox

Permainan ini mengajarkan bahwa keberanian dan tanggung jawab sangat dibutuhkan di dalam melaksanakan tugas serta bagaimana pegawai dapat cepat dan tepat dalam mengambil keputusan dan mengutamakan keselamatan.

2. Games (Naga Buta)

Pelajaran yang dapat diambil adalah bahwa seorang pemimpin harus mampu memberikan arahan yang tepat kepada yang dipimpin agar visi & misi organisasi dapat tercapai serta bagaimana  pemimpin / yang dipimpin mau saling mendengarkan serta memberikan saran & masukan di dalam menyelesaikan permasalahan.

3. Games (Menjaga Api)

Di dalam permainan ini, masing-masing tim akan berusaha menjaga api dari tim lain yang bebas memberikan gangguan agar api yang dijaga mati. Sehingga pelajaran yang dapat dipetik adalah jika suatu permasalahan terjadi pada suatu instansi maka seluruh pegawai didalamnya harus saling menjaga agar permasalahan tersebut tidak merusak kondusifitas dan kinerja instansi.

4. Games (Mengangkat Bola didalam Pipa Berlubang)

Pada permainan ini kita belajar bahwa untuk mencapai suatu tujuan, setiap pegawai harus dapat saling membantu menutupi kekurangan di dalam instansi tersebut.

5. Games (Memancing Bersama)

Masing-masing pegawai di dalam instansi pasti mempunyai tanggung jawab yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, yang mana pemimpin harus memberikan dukungan kepada pegawai yang dipimpin dalam melaksanakan pekerjaan tersebut karena untuk mencapai tujuan dibutuhkan kerjasama dari semua pegawai, itulah makna dari permainan ini.

6. Games (Memindahkan Bola dengan Tali Rafia)

Permainan terakhir yang dilakukan kali ini memberikan pelajaran bahwa untuk memindahkan bola dari satu titik ke titik yang lain ibarat ketika kita ingin melakukan pekerjaan dengan tujuan yang telah ditentukan maka dibutuhkan komunikasi dan pengendalian diri yang baik di dalam melaksanakan pekerjaan tersebut.

Kegiatan diakhiri dengan Evaluasi dan Closing Statement dari Psikolog Disnaker Kota Balikpapan (Ibu Kasma Ervina Haida) bahwa mulai hari ini, kita harus menjadi pribadi yang berpola pikir untuk tumbuh dengan saling peduli dan inovatif dimanapun kita berada terutama di lingkungan kerja. Ingat, Berubah itu berarti Mengubah!

Sebelum acara ditutup dengan agenda bersih-bersih lingkungan disekitar kegiatan dan foto bersama, Kadis BPBD Kota Balikpapan (Bapak Suseno) menyampaikan “marilah kekurangan kita, kita tutupi dengan keunggulan kita masing-masing, setiap orang mempunyai kekurangan, setiap orang mempunyai kelebihan marilah kelebihan-kelebihan ini untuk bersinergi di dalam melaksanakan tugas BPBD ini” dan disampaikan pula ucapan terima kasih kepada Tim Disnaker Kota Balikpapan yang telah bersedia membantu di dalam pelaksanaan kegiatan ini. (lts)

“Kerja Sama Terjalin, Kinerja Organisasi Terwujud”