SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

KESAN PERTAMA YANG DINILAI OLEH HRD ADALAH ATTITUDE

Thursday - 17 Oktober 2019 - Dibaca: 952 kali

Disnaker_Bpp – Mencari ilmu seputar cara menghadapi psikotest dan interview sebelum mengikuti proses rekruitmen merupakan salah satu persiapan yang perlu dilakukan oleh para pencari kerja. Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan melalui kegiatan Wednesday Inspiring, membuka ruang kepada pencari kerja untuk diberikan pembekalan dan pengarahan agar siap menghadapi proses rekruitmen, baik dalam tes tertulis maupun interview. Kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan, pada hari rabu di minggu pertama dan ketiga.

Tepat pada tanggal 16 Oktober 2019 kegiatan Wednesday Inspiring untuk Pencari Kerja diselenggarakan dengan bertempat di Kantor Disnaker Kota Balikpapan Lt.4 dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Disnaker Kota Balikpapan (Bpk Djonaziansjah) didampingi oleh Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja (Ibu Rosdiana) dan Kasi Penempatan Tenaga Kerja (Bpk Erwin).

Sebanyak 12 peserta mengikuti kegiatan ini, dengan narasumber yaitu Bapak Febri Yudiono (General Manager Sevensix Hotels) yang menyampaikan bahwa didalam menjalani interview, attitude sangatlah penting karena merupakan kesan pertama yang dinilai oleh HRD. Bersikap tenang namun tetap fokus dan lancar dalam menjawab pertanyaan adalah point terpenting juga agar pencari kerja dapat lulus dalam tes interview. Adapun nilai tambahan yang dapat mempengaruhi hasil tes interview adalah dengan datang 30 menit lebih awal.

Bapak Febri Yudiono menerangkan bahwa dengan datang lebih awal akan memberikan keuntungan bagi calon peserta interview, yaitu bisa mempersiapkan diri untuk lebih tenang dan fokus dalam berfikir sehingga lebih siap untuk menjawab pertanyaan pada saat interview berlangsung.

Sebelum kegiatan Wednesday Inspiring ditutup, Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja (Ibu Rosidana) memberikan tips-tips kepada para peserta tentang 5 cara yang dapat meningkatkan kualitas hidup yaitu :

  1. Luangkan waktu untuk mengasah diri;
  2. Fokus pada kelebihan yang dimiliki;
  3. Melakukan pengulangan atau repitisi;
  4. Budayakan membaca dan berdiskusi;
  5. Bergaullah dengan orang yang lebih dewasa untuk dijadikan sebagi mentor. (win/lts)

 

“Kerja Sama Terjalin Kinerja Organisasi Terwujud”