SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

DISNAKER KOTA BALIKPAPAN MENERIMA KUNJUNGAN MAHASISWA/I UNIVERSITAS BALIKPAPAN

Tuesday - 03 Desember 2019 - Dibaca: 806 kali

Disnaker_Bpp – Selasa, 03 Desember 2019, Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan menerima kunjungan Mahasiswa/i Universitas Balikpapan sebagai tindaklanjut terhadap Surat Ketua Program Studi Fakultas Hukum Universitas Balikpapan Nomor : A/489/FH-UNIBA/XI/2019, perihal : Kunjungan Mahasiswa  yang disampaikan kepada Kepala Disnaker Kota Balikpapan pada tanggal 28 November 2019.

Acara pembukaan kunjungan dipandu oleh Sdr. Dj Hendra Winata selaku Kasi Kelembagaan Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Tenaga Kerja, yang diawali dengan perkenalan para pegawai di Bidang HI & Kesja Disnaker Kota Balikpapan serta diperkenalkan juga hal-hal terkait dengan Kedinasan seperti tugas dan fungsi Disnaker dan unit-unit kerja yang ada di dalamnya.

Selanjutnya sesi perkenalan dari rekan-rekan mahasiswa yang diwakili oleh Sdr. Sampang J.M. Limbong untuk perwakilan Putra dan Sdri. Husfaralda M.S untuk perwakilan Putri, yang sekaligus menyampaikan maksud dan tujuan dari dilakukannya kunjungan ke Disnaker Kota Balikpapan yakni guna memperoleh pengetahuan di dalam hukum ketenagakerjaan.

Kunjungan ini dihadiri sebanyak 20 Orang Mahasiswa dari Fakultas Hukum UNIBA, dengan Narasumber Utama yaitu Ibu Niswaty selaku Kabid Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Tenaga Kerja serta dibantu oleh Mediator Hubungan Industrial, Hidayah Sukmaraga  dengan penyampaian materi paling mendasar dalam hukum ketenagakerjaan, yakni tentang “Perjanjian Kerja” baik Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) maupun Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT).

Sembari menyampaikan materi, Narasumber mempersilahkan kepada para mahasiswa agar tidak sungkan bertanya dan mengajak diskusi hal-hal terkait hukum ketenagakerjaan maupun persoalan-persoalan dalam dunia kerja, mengingat para mahasiswa yang hadir rata-rata sudah bekerja di perusahaan.

Sesi diskusi berjalan dengan sangat dinamis dan para mahasiswa juga sangat antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ke narasumber terkait regulasi ketenagakerjaan yang dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata di lapangan.

Model pembelajaran Mahasiswa FH UNIBA berupa kunjungan ke Disnaker Kota Balikpapan patut diapresiasi dan dipertahankan, karena hal ini sangat bermanfaat dan memberi pengetahuan yang berbasis praktikal kepada para mahasiswa khususnya dalam hukum ketenagakerjaan. Sebagai penutup dari acara kunjungan ini, dilakukannya sesi foto bersama. (dj/lts)

“Kerja Sama Terjalin, Kinerja Organisasi Terwujud”