SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

DISELENGGARAKANNYA WEDNESDAY INSPIRING DI LP3i BALIKPAPAN

Wednesday - 04 Desember 2019 - Dibaca: 1012 kali

Disnaker_Bpp – Wednesday Inspiring atau Rabu Yang Menginspirasi merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan pada hari Rabu disetiap Bulannya. Pada kesempatan kali ini Rabu, 04 Desember 2019, Wednesday Inspiring  diselenggarakan di Kampus LP3i Balikpapan, Jl. Mayor TNI A.D. Imat Saili No.21 Sumber Rejo, sejak pukul 09.00 sampai dengan 12.00 Wita.

Kegiatan yang diikuti oleh 70 peserta ini, dibuka oleh Kasi Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Balikpapan, Bapak Erwin dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Sekretaris Disnaker Kota Balikpapan, Bapak Djonaziansjah. Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan ini adalah Ibu Rosdiana selaku Kabid. Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker Kota Balikpapan dan Ibu Kasma Ervina Haida selaku Psikolog Disnaker Kota Balikpapan.

Menggali potensi diri, visi dan misi di masa depan serta tips dalam membuat surat lamaran kerja, merupakan materi yang disampaikan oleh Ibu Rosdiana kepada para peserta yang mana peserta Wednesday Inspiring kali ini adalah Mahasiswa/i LP3i Balikpapan dari berbagai jurusan yaitu Teknik Alat Berat, Komputer Akuntansi, Bisnis Administrasi dan Informatika Komputer.

Sedangkan Psikolog Disnaker Kota Balikpapan, Ibu Kasma Ervina Haida memberikan materi tentang kiat-kiat di dalam menghadapi wawancara dengan HRD, seperti :

  1. Mengatur waktu persiapan wawancara dengan datang lebih awal;
  2. Sudah mengetahui atau mengecek terlebih dahulu lokasi wawancara;
  3. Menyediakan dokumen pribadi (CV), untuk mengantisipasi ketika dibutuhkan pada saat wawancara;
  4. Mempelajari informasi terkait perusahaan, baik itu nilai-nilai, visi dan misi perusahaan maupun jabatan yang akan dilamar;
  5. Menyusun rencana mengenai hal-hal yang mungkin ditanyakan seperti rencana atau impian yang akan pelamar lakukan dalam waktu 5 tahun kedepan.

Serta disampaikan pula, bahwa sangat dibutuhkan integritas di dalam mengikuti sesi wawancara yaitu dengan cara stabil, tidak berubah-ubah dan tetap pada pendirian pada saat menjawab pertanyaan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk memberikan wawasan seputar dunia kerja dan membuka potensi diri sehingga mampu mengetahui minat dan bakat yang ada pada diri para peserta.  (win/lts)

“Kerja Sama Terjalin, Kinerja Organisasi Terwujud”