SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN

PROGRAM PEMAGANGAN DALAM NEGERI TAHUN 2019 DITUTUP, PERUSAHAAN SERAP 87 PERSEN PESERTA MAGANG

Tuesday - 17 Desember 2019 - Dibaca: 338 kali

Disnaker_Bpp - Senin, 16 Desember 2019, Bertempat di Seaview Ballroom Hotel Menara Bahtera Balikpapan telah dilaksanakannya Penutupan Program Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2019. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur dengan Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan dan Perusahaan Penyelenggara Pemagangan melalui dua sumber dana yaitu APBD Prov. Kaltim dan Dana Dekonsentrasi Kementerian Ketenagakerjaan (APBN).

Perusahaan yang melaksanakan pemagangan melalui sumber dana APBD Prov. Kaltim diantaranya adalah PT. Aerofood Indonesia, Swiss Belhotel dan LPK Lies dengan durasi magang selama tiga bulan, sedangkan yang melalui Dana Dekonsentrasi yaitu Hotel Bahtera, Hotel Fave, Hotel Grand Tjokro, Hotel Herly, Hotel Horison Sagita, Hotel Maxone, Hotel Midtown Xpress, Hotel Pacific, Hotel Platinum, Hotel Swiss Belinn, Hotel Quest, Hotel Zurich dan PT. Aerofood Indonesia, dengan durasi magang  selama lima bulan.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnaker Kota Balikpapan, Ibu Mufidah Hayati menjelaskan dari 198 orang yang mengikuti pemagangan ini, sebanyak 174 orang atau 87% telah terserap di Dunia Industri baik di tempat magangnya maupun di perusahaan lain.

Perwakilan peserta pemagangan, M. Imam Amirudin yang mengikuti Program Pemagangan di PT. Aerofood Indonesia pada bagian Inflight Operation menyampaikan kesan dan pesan selama magang, ia mengaku “selama lima bulan mengikuti proses pemagangan dirinya mendapatkan pengalaman kerja, ilmu baru yang diperoleh, peningkatan kompetensi diri, serta berharap agar dapat melanjutkan karir  yang  lebih baik”.

Koordinator Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Kota Balikpapan, Bapak Bambang Jati Kusuma menyampaikan bahwa Pemagangan merupakan jembatan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik, pemagangan merupakan awal dari kesempatan berkarir yang pada akhirnya dapat diterima di Dunia Industri. “Terus pacu diri anda untuk meningkatkan kompetensi, kita harus mempunyai kemampuan berdaya saing dan berdaya sanding, semakin Anda menuntut ilmu maka ilmu akan menuntut Anda semakin haus dan semakin ingin lebih baik, untuk itu jadikanlah diri Anda  orang  yang  terbaik”  pesan Beliau kepada peserta pemagangan. 

Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja Disnakertrans Prov. Kaltim, Ibu Sulistri Kawiyani dalam sambutannya mengatakan, penyerapan peserta magang sebesar 87% merupakan angka yang cukup baik, Program Pemagangan di Tahun mendatang jangka waktunya dapat lebih fleksibel mengikuti kompetensi magang  yang  dibutuhkan Perusahaan.

Sebelum menutup kegiatan tersebut Beliau mengucapkan terima kasih kepada Penyelenggara yang telah bersedia menerima tenaga magang dan membantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam peningkatan kompetensi Tenaga Kerja.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat pemagangan kepada perwakilan peserta, kemudian foto bersama seluruh pihak  yang terlibat.

Selamat kepada peserta pemagangan yang telah bekerja dan untuk peserta yang belum bekerja teruslah berkomunikasi dengan Rekan – Rekan Peserta Pemagangan, Supervisor, maupun dengan Dinas Ketenagakerjaan yang tentunya memiliki informasi lowongan – lowongan pekerjaan.  (din/lts)

“Kerja Sama Terjalin, Kinerja Organisasi Terwujud”