SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN

TAHUN 2020 BBPLK MEDAN AKAN MENYELENGGARAKAN PELATIHAN KERJA MENGGUNAKAN E-LEARNING

Saturday - 28 Desember 2019 - Dibaca: 1574 kali

Disnaker_Bpp - Kamis, 26 Desember 2019, Tim dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan yang dipimpin oleh Kepala Balai, Bapak Muhammad Ali, S.S., M.A., Ph.D. dan didampingi oleh Kasi. Pemberdayaan, Bapak Rahmat Parhimpunan Siregar, S.T., M.M. dan Instruktur Kejuruan Pariwisata melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan dalam rangka melakukan sosialisasi program kerja di Tahun 2020. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 4 Disnaker Balikpapan dan dihadiri oleh Direktur Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK), Bapak Rivai Sudirman, Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Bapak Rum Hidayatullah, dan perwakilan dari Perhotelan di Kota Balikpapan dan dibuka oleh Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnaker Balikpapan, Ibu Mufidah Hayati.

Bapak Muhammad Ali, S.S., M.A., Ph.D. yang bertindak sebagai Narasumber menjelaskan tentang Isu Strategis SDM Indonesia, visi dan misi BBPLK Medan, program pelatihan yang diselenggarakan beserta peluang karir dan Hybrid Learning. 

 Program Hybrid Learning merupakan Pelatihan berbasis digital yang dipadukan dengan pelatihan secara konvensional dengan tujuan dapat menjangkau banyak peserta pelatihan dengan dana yang terbatas. Lama pelaksanaan program ini adalah 3 (tiga) bulan dengan pembagian pembelajaran online/e-learning 1 (satu) bulan dan praktek 2 (dua) bulan. Rencananya kejuruan pelatihan yang akan dilaksanakan adalah Housekeeping dan Front Office. Kota Balikpapan menjadi pilot project hybrid learning bersama dengan Kota Makassar, Jogjakarta, Belitung dan Merauke.

Sistem pembelajaran dengan Hybrid Learing meliputi :
Media Online    :     Peserta belajar secara mandiri dari jarak jauh melalui website yang disediakan secara daring, pembicaraan dan pertemuan melalui sistem digital di dunia maya antara instruktur dengan peserta.
Praktek    :    Pelaksanaan Praktek akan berlangsung di tempat yang telah ditunjuk/disepakati dan berkomitmen melaksanakan program.
Uji Kompetensi    :    Pada akhir pelatihan akan dilaksanakan uji kompetensi dan sertifikasi bagi Peserta Pelatihan. 

Sosialisasi ini mendapatkan dukungan dan respon positif baik dari GNIK, PHRI maupun dari Perwakilan Perhotelan yang hadir dan diharapkan akan ada Koordinasi lanjutan terkait program ini.(din)


 “Kerja Sama Terjalin, Kinerja Organisasi Terwujud”