SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN

KEGIATAN PENYULUHAN BIMBINGAN JABATAN DI SMK IBNU KHALDUN (09 MARET 2020)

Tuesday - 17 Maret 2020 - Dibaca: 219 kali

Acara Penyuluhan Bimbingan Jabatan yang digelar pada hari Senin, tanggal 09 Maret 2020 pukul 09.00-12.00 WITA di Ruang Mushola SMK  Ibnu Khaldun Balikpapan dimulai dengan pembukaan dari Sekretaris Bapak Djonaziansjah kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Bapak Yudiarso dan Ibu Ani selaku Wakil Kepala Sekolah SMK Ibnu Khaldun.

Kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 100 peserta yakni siswa-siswi SMK Ibnu Khaldun jurusan Administrasi Perkantoran, Teknik Alat Berat dan Teknik Kendaraan Ringan. Adapun kegiatan ini ditujukan untuk memberi pembekalan dan pengarahan terhadap siswa-siswi SMK agar nantinya mereka siap menghadapi proses perekrutan perusahaan baik dalam tes tertulis maupun interview. Kegiatan Penyuluhan Bimbingan Jabatan tersebut disambut antusias oleh seluruh siswa-siswi yang hadir. Materi pembekalan diisi oleh presentasi dari narasumber Bapak Muhammad Adam dari Divisi Human Capital PT. Thiess Contractors Indonesia. Adapun materi nya adalah tahapan dalam mencari pekerjaan, yaitu : 1. menyiapkan curriculum vitae dan resume.,2. mencari info lowongan kerja melalui media dan jaringan (teman dan keluarga)., 3. mengetahui posisi dan perusahaan yang akan dilamar. Narasumber juga menjelaskan cara mempersiapkan keterampilan soft skill yaitu meningkatkan komunikasi, kerjasama, kepercayaan diri dan penyesuaian diri serta keterampilan hard skill yaitu meningkatkan bahasa asing, komputer dan aplikasi lainnya. Diakhir materi narasumber berbagi tips dalam mencari pekerjaan yakni kembangkan diri, perluas jaringan, jangan mudah putus asa, kenali perusahaan yang akan dilamar (dan posisi nya) serta selalu berdoa. Sesi kedua diisi oleh Pengantar Kerja Windy Pradita Harma yang mensosialisasikan tutorial pembuatan Kartu AK-1 Online yang dikemas dalam materi yang menarik dan mudah dipahami oleh Siswa-Siswi. Kegiatan ini merupakan salah satu Kegiatan Aktualisasi Latsar CPNS di Puslatbang KDOD Samarinda. Diharapkan nantinya para Siswa-Siswi telah siap dan faham tentang menyiapkan persyaratan berkas lamaran, termasuk membuat Kartu AK-1.

Sebagai akhir acara, Bapak Agus Waras Budiansyah selaku Kepala Seksi Penempatan Kerja berterima kasih kepada Bapak Muhammad Adam dan peserta yang sudah menjalankan kegiatan Penyuluhan Bimbingan Jabatan dengan lancar, meriah dan tanpa hambatan. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan sebagai bentuk pelayanan Disnaker Kota Balikpapan dalam memfasilitasi pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Windy Pradita Harma - Petugas Antar Kerja