SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN

MONITORING PELAKSANAAN PELATIHAN HYBRID LEARNING KEJURUAN FRONT OFFICE BBPLK MEDAN DI KOTA BALIKPAPAN

Wednesday - 12 Agustus 2020 - Dibaca: 122 kali

Dalam rangka pemantauan kegiatan pelatihan kerja berbasis kompetensi kejuruan Front Office dengan metode Hybrid Learning oleh BBPLK Medan di Kota Balikpapan, Tim Pelaksana yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai (Bapak Muhammad Ali) melakukan pertemuan dengan Disnaker Balikpapan yang diwakili oleh Kasi Pelatihan dan Pemagangan (Ibu Hasbi Fahziar) dan Peserta Pelatihan Front Office di Meeting Room Hotel Midtown Xpress Balikpapan pada hari Senin, 10 Agustus 2020.

Pada pertemuan tersebut, Bapak Muhammad Ali memberikan arahan kepada peserta dimana beliau juga menyampaikan bahwa dalam masa pandemi COVID-19, sektor pariwisata Indonesia mengalami penurunan yang cukup signifikan, namun saat pandemi berakhir akan ada gelombang besar pariwisata. Sehingga, saat ini dipandang merupakan waktu yang tepat bagi peserta pelatihan Front Office untuk belajar sekaligus melakukan praktek kerja secara langsung di bawah bimbingan mentor di perusahaan masing-masing.

Beliau juga berterima kasih kepada Disnaker Balikpapan dan Perusahaan penerima peserta pelatihan atas kerjasamanya pada pelaksanaan pelatihan ini dimana Kota Balikpapan adalah sebagai Pilot Project pelatihan menggunakan Metode Hybrid Learning yang merupakan inovasi dari BBPLK Medan. Metode Hybrid Learning atau E-learning merupakan sebuah pelatihan kerja  yang memadukan pola daring (untuk pembelajaran teori secara online yang dipandu instruktur) dan luring (untuk praktek kerja atau on job training, dibawah bimbingan mentor di perusahaan/hotel).

Kemudian pertemuan dilanjutkan dengan penyerahan perlengkapan peserta dan kelas offline (luring) oleh Instruktur dengan materi sesi tanya jawab peserta terkait permasalahan dan pengalaman yang dihadapi saat praktik kerja di Perusahaan.

Tim BBPLK Medan yang didampingi perwakilan Disnaker Balikpapan juga melakukan monitoring evaluasi secara langsung ke Perusahaan penerima peserta pelatihan pada Selasa, 11 Agustus 2020. Perusahaan tersebut diantaranya Hotel Royal Suite, Hotel Novotel Ibis, Hotel Pacific, Hotel Horison Sagita, Hotel Whizz Prime dan Hotel Swiss Belinn.