SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

DISNAKER KOTA BALIKPAPAN LAKUKAN RAPAT KOORDINASI DENGAN FORUM KOMUNIKASI JEJARING PEMAGANGAN KOTA BALIKPAPAN

Monday - 03 Mei 2021 - Dibaca: 1994 kali

Kamis 29 April 2021, Bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Disnaker Kota Balikpapan, dilaksanakan Rapat Koordinasi antara Disnaker Kota Balikpapan dengan Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Kota Balikpapan.

Pada pertemuan tersebut Bapak Bambang Jati Kusuma selaku Koordinator FKJP Kota Balikpapan menyampaikan paparan terkait visi, misi dan tujuan FKJP, review pelaksanaan program pemagangan di Kota Balikpapan serta saran masukkan dan rencana kerja guna mendukung pelaksanaan program pemagangan di masa yang akan datang.

Dari paparan yang disampaikan, Beliau menjelaskan bahwa salah satu cara paling efektif dan efisien dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Kota Balikpapan adalah melalui pemagangan. Pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah, akan tetapi perlu keterlibatan dan sinergi semua pihak (Penta Helix) dimana unsur yang terlibat adalah Pemerintah, Pelaku Usaha/DUDI, Akademisi, Masyarakat/Komunitas, dan Media. Beliau juga menjelaskan hasil analisa isu – isu yang akan dihadapi Kota Balikpapan nantinya.

Kepala Disnaker Kota Balikpapan, Ibu Ani Mufaidah mendukung penuh program pemagangan serta saran dan masukkan dari FKJP, menurutnya program pemagangan sangat penting bagi pencari kerja yang belum memiliki pengalaman kerja ataupun Fresh Graduate agar mendapatkan pengalaman sebelum memasuki dunia kerja dan peningkatan kompetensi peserta.

Rekan – rekan anggota FKJP juga memberikan saran dan masukkan serta melakukan sharing pengalaman terkait bagaimana menciptakan tenaga kerja kompeten melalui proses pemagangan yang dilakukan oleh masing – masing perusahaan.

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat Kota Balikpapan dapat memiliki ketrampilan dan peningkatan kompetensi menghadapi Kota Balikpapan sebagai Kota MICE serta menyambut Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara.