SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

WEDNESDAY INSPIRING

Thursday - 25 November 2021 - Dibaca: 465 kali

Acara Wednesday Inspiring yang digelar pada hari Rabu, tanggal 24 November 2021 pukul 09.00-12.00 WITA dilaksanakan di Ruang Rapat (Lantai 4) oleh panitia kegiatan Wednesday Inspiring Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Yudiarso selaku Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, dengan mengundang Narasumber Ibu Kasma Ervina Haida selaku Psikolog Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan dan di moderatori oleh sdri.Shellomita.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual dan dihadiri sebanyak 20 peserta pencari kerja dengan berbagai latar belakang pendidikan. Adapun kegiatan ini ditujukan untuk memberi pembekalan, pengarahan dan motivasi terhadap pencari kerja agar siap menghadapi proses perekrutan perusahaan baik dalam tes tertulis maupun interview. Kegiatan Wednesday Inspiring tersebut disambut antusias oleh seluruh peserta yang hadir dipertemuan virtual tersebut. Materi pembekalan diisi oleh presentasi dari narasumber ibu Kasma Ervina Haida S.Psi, M.Psi. Materi yang disampaikan oleh Narasumber dalam acara Wednesday Inspiring kali ini berjudul “ Job Preparation” yaitu mengenai apa saja yang harus persiapkan ketika akan melamar pekerjaan. Dalam mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan kesiapan diri, kemampuan berkomunikasi, memahami penuh mengenai perusahaan serta pekerjaan yang akan dilamar juga merupakan hal yang penting untuk diketahui ketika akan melamar pekerjaan. Dalam proses rekrutmen pada tahap interview ada beberapa penyebab kegagagalan diantaranya yaitu kurangnya persiapan dalam mengikuti proses nterview, rendahnya rasa kepercayaan diri, dan kurang dapat menyampaikan kelebihan maupun keahlian yang dimiliki. Kegagalan dalam proses interview merupakan hal yang wajar, dan hal ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pencari kerja untuk dapat meningkatkan kemampuan. Dalam proses interview, pencari kerja diharapkan mampu menunjukkan diri mau belajar untuk berkembang secara berkelanjutan serta memiliki pemikiran yang berkembang serta menunjukkan apabila memiliki aktivitas yang positif.

Sebagai akhir acara, narasumber dan para peserta melakukan foto bersama lewat aplikasi zoom meeting tersebut. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan sebagai bentuk pelayanan Disnaker Kota Balikpapan dalam memfasilitasi pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

 

Shellomita.K - Analis Bahan PPK