SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

WEDNESDAY INSPIRING

Friday - 10 Desember 2021 - Dibaca: 610 kali

Acara Wednesday Inspiring yang digelar pada hari Rabu, tanggal 08 Desember 2021 pukul 09.00-12.00 WITA dilaksanakan di Ruang Rapat (Lantai 4) oleh panitia kegiatan Wednesday Inspiring Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Yudiarso selaku Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, dengan mengundang Narasumber Bapak Reza Fahlepy, S.H, M.H selaku General Manager PT. Athaya Abbas Mandiri dan di moderatori oleh sdri.Shellomita.
Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual dan dihadiri sebanyak 125 peserta pencari kerja dengan berbagai latar belakang pendidikan. Adapun kegiatan ini ditujukan untuk memberi pembekalan, pengarahan dan motivasi terhadap pencari kerja agar siap menghadapi proses perekrutan perusahaan baik dalam tes tertulis maupun interview. Kegiatan Wednesday Inspiring tersebut disambut antusias oleh seluruh peserta yang hadir dipertemuan virtual tersebut. Materi pembekalan diisi oleh presentasi dari narasumberBapak Reza Fahlepy selaku General Manager PT. Athaya Abbas Mandiri. Materi yang disampaikan oleh Narasumber dalam acara Wednesday Inspiring kali ini berjudul “Penguatan Karakter Industri” yaitu mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 pada masa ini. Perkembangan industri memberikan pada beberapa segmen, diantaranya ekonomi, bisnis, hubungan nasional-global, masyarakat dan individu. Pada segmen ekonomi perubahan/perkembangan yang terjadi pada pertumbuhan ekonominya, jenis pekerjaan dan sifat kerja. Pada segmen bisnis, terdapat perubahan pada ekspektasi konsumen, produk dengan data yang lebih baik, inovasi dan kolaboratif serta model operasi baru. Pada hubungan nasional-global, dampak yang dirasakan adalah pada bidang pemerintahan, negara, region dan kota keamanan internasional. Pada segmen masyarakat berdampak pada ketimpangan, komunitas dan lapisan masyarakat kelas menengah. Pada segmen individu, perubahan terjadi pada identitas, moralitas dan etika koneksi antar manusia dan pengelolaan informasi publik dan privat. Pada era industri 4.0 saat ini jenis pekerjaan yang ditawarkan atau yang tersedia dipublik semakin beragam, dan tidak terpaku hanya pada satu jenis pilihan pekerjaan. Misalnya saat ini menjadi enterpreneur, pembuat konten kreatif serta broker pun sudah dijadikanpilihan bagi masyarakat.
 Pilihan pekerjaan yang semakin berkembang, juga menuntut kita harus mampu dapat beradaptasi dengan cepat untuk mengikuti perkembangan serta meningkatkan kemampuan/ skill dalam berbagai hal. Ada 10 (sepuluh) kemampuan yang harus dimiliki bagi pencari kerja maupun pekerja diantaranya: 1. Pemecahan masalah. Dalam mencari kerja yang perlu dimiliki adalah kemampuan menguasai tugas dari pekerjaan itu sendiri, masalah apa yang mungkin akan dihadapai atau yang timbul dari pekerjaan serta memiliki solusi dari permasalahan tersebut. 2. Berfikir kritis. 3. Memiliki kreativitas. 4. Memiliki manajemen yang baik untuk diri sendiri maupun orang lain serta lingkungan. 5. Memiliki kemampuan koordinasi yang baik dengan orang lain. 6. Memiliki emotional intellegence. 7. Mampu membuat keputusan atau memberikan saran dan ide bagi kemajuan perusahaan. 8. Berorientasi pelayanan. 9. Memiliki kemampuan negosiasi. 10. Cognitive Flexibility. Untuk dapat berkembang menjadi yang lebih baik, sebagai manusia perlu memiliki kemauan, keberanian, kedisiplinan, kemampuan.keterampilan, kesempatan dan doa.  
Sebagai akhir acara, narasumber dan para peserta melakukan foto bersama lewat aplikasi zoom meeting tersebut. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan sebagai bentuk pelayanan Disnaker Kota Balikpapan dalam memfasilitasi pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
Shellomita.K - Analis Bahan PPK

https://disnaker.balikpapan.go.id/web/assets/globalimg/WhatsApp Image 2021-12-10 at 12_14_44 (1).jpeg

 

https://disnaker.balikpapan.go.id/web/assets/globalimg/WhatsApp Image 2021-12-10 at 12_14_44.jpeg

 

https://disnaker.balikpapan.go.id/web/assets/globalimg/WhatsApp Image 2021-12-10 at 12_14_44 (2).jpeg

 

https://disnaker.balikpapan.go.id/web/assets/globalimg/WhatsApp Image 2021-12-10 at 12_14_43.jpeg