SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

WEDNESDAY INSPIRING

Wednesday - 22 Desember 2021 - Dibaca: 655 kali

Acara Wednesday Inspiring yang digelar pada hari Rabu, tanggal 22 Desember 2021 pukul 09.00-12.00 WITA dilaksanakan di Ruang Rapat (Lantai 4) oleh panitia kegiatan Wednesday Inspiring Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Yudiarso selaku Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, dengan mengundang Narasumber Ibu Rinawaty, S.Psi selaku Human Resources Manager Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites dan di moderatori oleh sdri.Shellomita.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual dan dihadiri sebanyak 39 peserta pencari kerja dengan berbagai latar belakang pendidikan. Adapun kegiatan ini ditujukan untuk memberi pembekalan, pengarahan dan motivasi terhadap pencari kerja agar siap menghadapi proses perekrutan perusahaan baik dalam tes tertulis maupun interview. Kegiatan Wednesday Inspiring tersebut disambut antusias oleh seluruh peserta yang hadir dipertemuan virtual tersebut. Materi pembekalan diisi oleh presentasi dari narasumber Ibu Rinawaty selaku Human Resources Manager Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites. Materi yang disampaikan oleh Narasumber dalam acara Wednesday Inspiring kali ini berjudul “What Should I Do” yaitu mengenai persiapan dalam memamsuki dunia kerja bagi fresh graduate. Perusahaan dalam membuka lowongan kerja tidak hanya tertuju bagi yang telah memiliki pengalaman, tetapi bagi fresh graduatejuga diberikan kesempatan untuk dapat bergabung dan dapat memiliki pengalaman kerja. Narasumber menyampaikan bahwa sebagai fresh graduate, tentu memiliki tantangan tersendiri dalam memasuki dunia kerja, yaitu banyaknya lulusan baru dari kampus bergengsi hingga memiliki nilai akademik yang sangat memuaskan. Dari tantangan tersebut, sebagai lulusan baru untuk dapat bersaing dalam melamar kerja dengan beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu: 1. Kenali potensi diri. Bagi sebagian orang masih belum dapat mengenali potensi diri yang dimiliki, adapun langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat list potensi apa saja yang dimiliki kemudian pilih salah satu potensi yang memang diminati dan dikuasai lalu kembangkan keahlian tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal, 2. Membuat curiculum vitae(cv) yang menarik. Sebagai sarana yang bisa digunakan untuk mempromosikan diri pada saat melamar pekerjaan, sudah tentu harus dibuat semenarik mungkin dan berikanlah informasi mengenai kemampuan yang dimiliki serta berikan informasi penting yang dapat menarik dan dibutuhkan oleh perusahaan, 3. Pastikan nomor telepon & alamat email, 4. Jangan pilih-pilih pekerjaan. Memilih pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan namun jangan sampai terus menerus menolak kesempatan bekerja di perusahaan lain, 5. Manfaatkan situs pencari pekerjaan, 6. Perluas jaringan. memperluas jaringan menjadi hal yang sangat penting karena akan dapat banyak informasi dan hal itu tentu saja membuka peluang untuk cepat mendapat pekerjaan, 7. Kembangkan skill, 8. Apprentice/internship/magang. Dengan mengikuti program magang, akan mendapat kesempatan untuk menyalurkan ilmu, kemampuan, keahlian dan keterampilan serta memiliki kesempatan untuk mendapatkan ilmu baru. Narasumber juga memberikan beberapa tips sukses interview, diantaranya: 1. Lakukan persiapan, 2. Tidak terlambat pada saat interview, 3. Perhatikan penampilan, 4. Membawa alat tulis, 5. Pastikan kelengkapan dokumen yang dibawa, 6. Kenali perusahaan yang dilamar. 7. Jangan malu bertanya, 8. Tampil percaya diri.

Sebagai akhir acara, narasumber dan para peserta melakukan foto bersama lewat aplikasi zoom meeting tersebut. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan sebagai bentuk pelayanan Disnaker Kota Balikpapan dalam memfasilitasi pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.