SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

Balikpapan Menuju Kota Ramah Lansia

Tuesday - 16 Juni 2015 - Dibaca: 1699 kali

Branding  dari Pemerintah Kota ini terasa menyejukkan hati mengingat  Kota Balikpapan merupakan role model  dari kebanyakan kota dan kabupaten lain di republik ini. Kota ramah Lansia tentu jauh dari pemikiran, namun itulah yang patut di contoh, hal tersbut terungkap dalam rangkaian kegiatan peringatan HLUN tahun 2015 Disnakersos Kota Balikpapan yang megadakan Sosialisasi perawatan lanjut usia yang dialaksanakan di rumah Jabatan walikota Jln. sarifudin yoes Kelurahan Sepinggan Balikpapan.  

Kegiatan yang bertajuk “bersama membangun kepedulian terhadap lanjut usia” ini mengisyaratkan makna bahwa semua pihak haruslah berperan serta dalam menciptakan suasana bahagia, terpenuhi hak – haknya dan meningkatkan kesejahteraan para lansia. Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan pada tanggal 10 juni 2015 lalu bermaksud memberikan informasi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai program pemerintah yang di berikan kepada lajut usia, selain itu juga untuk mengubah sikap dan prilaku agar hidup sehat dan mandiri sebagai cerminan peningkatan kesejahteraan lanjut usia khususnya di kota balikpapan. Dalam program pemerintah ada beberapa model pelayanan sosial lanjut usia yang berbasis keluarga, yaitu home care and day care perwatan lanjut usia dalam keluarga ini mendapatkan bantuan berupa sembako dan pakaian (siang dan malam). Selain itu ada pula pelayanan yang disebut family support kesejahteraan sosial lanjut usia (FSKSLU), program ini teruntuk bagi lansia yang memiliki usaha dan dirawat oleh keluarga yang tidak mampu yang mempunyai dan merawat lanjut usia ( LU ), ditambah lagi program pemerintah yang di sebut ASLUT ( Asisten Sosial Lanjut Usia ) untuk yang satu ini masyarakat  yang menjadi rekan dari pemerintah mendapatkan bantuan honor Rp. 200.000 / bulan. Sampai saat ini mereka yang menjadi rekan terdata sebanyak 87 orang.

Sementara untuk program home care day n family support akan dilaksanakan pada tahun depan dan sudah diusulkan ke kementrian Sosial, sebanyak 200 orang calon penerimanya. Sementara calon pengelola sebanyak 4 orang An. Bambang Supriyono, Suwati, Eko Wahyuni, Siti Fatimah. Yang saat ini sudah mengikuti pelatihan di balai besar pendidikan dan pelatihan kesejahteraan sosial dikota Banjarmasin, hal inilah yang harusnya di kembangkan yaitu sinergitas antara pemerintah dan masyarkatnya demi mewujudkan kesejahteraan lanjut usia saat ini dan masa yang akan datang.

Dalam sambutan sosialisasi perawatan lanjut usia tahun 2015 ini, kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial mengatakan, “Bagi setiap keluarga yang memiliki lajut usia, hendaknya memberikan perhatian yang besar kepada mereka, cintai dan rawatlah mereka dengan tulus dan ikhlas sebagaimana mereka telah merawat kita sehingga mereka bisa seperti saat ini. Marilah kita menghormati dan melaksanakan nilai dan norma agama serta pranata sosial lainnya dengan sebaik baiknya sebagai pegangan agar lebih arif dan bijakssana dalam berfikir berbuat dan bertindak.”