SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

PENERAPAN K3 HARUS DIJADIKAN PERHATIAN SEMUA PIHAK

Wednesday - 17 Februari 2016 - Dibaca: 1761 kali

Dipilihnya Kota Balikpapan, sebagai pusat kegiatan Seminar Nasional K3, karena Balikpapan dinilai seabagai daerah yang melaksanakan budaya K3 terbaik di Indonesia.
“Di Balikpapan ini penerapan K3 juga kita libatkan ibu-ibu rumah tangga dan anak sekolah untuk ikut dalam program K3 yang menurut kami sangat istimewa. Bahkan tahun ini atas permintaan Wali Kota kami berinovasi untuk menggelar pemilihan Duta K3 yang nantinya mereka akan mengkampanyekan soal K3 di lingkungannya,” kata Isradi menyinggung dipilihanya Balikpapan sebagai lokasi kegiatan.
Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri yang turut hadir sebagai pembicara dalam SK3N di Balikpapan menyampaikan bahwa bukan hanya seminar saja yang harus dilakukan dalam mendorong pelaksanaan K3. Akan tetapi, lebih ditekankan kepada kerjanya.
“ Saya berharap K3 menjadi bagian dalam menjaga tenaga kerja sebagai asset perusahaan,” kata Hanif. Menteri juga berharap kegiatan SMK3N ini bukan hanya kita ngumpul-ngumpul saja. Tapi, perlu adanya evaluasi terhadap kerja yang lebih banyak.
Pemerintah pusat kata Hanif, akan terus mendorong agar sistem manajemen K3 di perusahaan bisa diterapkan dengan baik.
“Pemerintah pusat juga akan terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya pemahaman K3 ini kepada seluruh stakeholder baik perusahaan, tenaga kerja maupun masyarakat keseluruhan,” katanya. Hal itu disampaikan Hanif Dhakiri saat menjadi pembicara seminar K3 Nasional dengan tema “Tingkatkan Budaya K3 Untuk Mendorong Produktivitas dan Daya Saing di Pasar Internasional” yang diselenggarakan Panitia Bulan K3 Kota Balikpapan 2016 di Hotel Platinum Balikpapan. Beberapa hari yang lalu,
“K3 bisa menjadi bagian dari sistem perusahaan untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja saar bekerja dan kepentingan tenaga kerja,” terangnya.

Dalam seminar itu, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Vokasi K3 Indonesia Prof. Dr. dr. Santoso MS. SP. Ok menambahkan mengatakan banyak hal yang bisa dilakukan untuk menekan terjadinya kecelakaan kerja.
“Poster-poster yang dibuat perusahaan dengan disebar dibeberapa titik salah satu upaya mencegah kecelakaan kerja,” tandasnya. Santoso mengatakan standart umum untuk sistem manajemen K3 harus sudah dipahami dan harus diterapkan.
Untuk itu Pemerintah kota balikpapan dalam hal ini Disnakersos terus mengupayakan mengawasi dan menggalakan sitem K3 di perusahaan.

setelah pelaksanaan seminar, acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari pemerintah Kota balikpapan kepada menteri tenaga kerja dan transmigrasi RI, ketua Panitia K3 dan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Vokasi K3 Indonesia. yang diserahkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan Tirta dewi.