SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

Lima Ratus Peserta Pemagangan Siap Ditampung Perusahaan dalam Negeri

Tuesday - 29 Maret 2016 - Dibaca: 1649 kali

Sebanyak lima puluh perusahaan di Balikpapan turut serta dalam pembukaan sosialisasi pemagangan di dalam negeri tahun 2016, antara lain PT. Pertamina persero, PT. Semekarindo, PT. Duta Katup Mas, PT. Cakra Perkasa Engenering, probesco, Novotel, Ibis Hotel dan lainnya. Acara yang dilaksanakan pada hari rabu 23 maret 2016 tersebut diselenggarakan di aula kantor Disdukcapil Balikpapan Selatan. Sosialisasi tersebut di buka oleh Kepala dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota balikpapan, yang di wakili oleh sekretaris Disnakersos Asfiansyah SE. Pada kesempatan itu turut hadir dari bina pemagangan ditjen bina lattas kemenaker yang diwakili oleh Plt, kasubdit perizinan dan advokasi Ade Syaekudin.SH, kepala balai UPTD BLKI Balikpapan, Apindo Balikpapan, dan ketua FKJP balikpapan.
Dalam sambutannya Asfiansyah menyatakan, ketika berbicara ketenagakerjaan tentu yang akan muncul dalam pikiran kita tidak lain yaitu masalah pengangguran, atau pencari kerja yang terus meningkat, sementara disisi lain kebutuhan di pasar kerja menuntut tenaga kerja trampil, disiplin dan produktif. Satu diantara cara yang paling efisien dan efektif yaitu dilaksanakannya program pemagangan dalam negeri. Karena Program ini adalah bagian dari sistem yang pelatihan kerja yang di selenggarakan secara terpadu, antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih pengalaman.
Adapun keuntungan atau manfaat program ini bagi perusahaan dan peserta magang, Asfiansyah menjelaskan bahwa perusahaan dapat mengetahui kwalitas tenaga kerja sebelum direkrut sebagai karyawan, dan perusahaan turut berpartisipasi menciptakan tenaga kerja pengalaman dan kompeten, peserta pemagangan merupakan tenaga kerja produktif, dan peserta lebih mudah diarahkan sesuai kebijaksanaan dan disiplin. Bagi peserta tidak dipungut biaya, akan memiliki pengalam kerja dan sertifikasi, dan akan lebih percaya diri guna mendorong keahlian kompetensi.
Disela pidotanya asfiansyah juga memberitahukan kepada peserta dan undangan bahwa AMF atau Pameran Bursa Kerja akan dilaksanakan pada 13 – 14 April 2016 di Dome dan tidak dipungut Biaya.