SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

PELATIHAN PEMANTAPAN PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT (PSM) KOTA BALIKPAPAN TAHUN 2016

Wednesday - 20 April 2016 - Dibaca: 1713 kali

 Balikpapan. Pada Hari ini Rabu, 20 April 2016, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan mengadakan Pelatihan Pemantapan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kota Balikpapan Tahun 2016 yang dibuka secara resmi oleh yang mewakili Kepala Dinas yaitu Bp. Asfiansyah Selaku Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Dan Sosial Kota Balikpapan bertempat di Ruang Rapat Disnakersos Lantai IV Gedung Gabungan Dinas Jl. Jend. Sudirman Rt.10 No.02 Kelurahan Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota.

          Pelatihan ini diikuti oleh 34 orang peserta yang berasal dari perwakilan 34 Kelurahan di Kota Balikpapan. selama 5 ( lima ) hari kerja mulai tanggal 20 s/d 22 dan dilanjut tanggal 25 s / d 26 April 2016.  Tujuan Pelatihan Pemantapan Pekerja Sosial ( PSM ) ini yaitu : 1.) Meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang tugas dan fungsi Pekerja Sosial Masyarakat ( PSM ), 2.) Memantapkan System Pendataan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ( PMKS ) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial ( PSKS ) sebagai Basis Data Terpadu dalam pemberian pelayanan sosial.

          Pelaksanaan pelatihan Pemantapan Pekerja Sosial Masyarakat ( PSM ) Kota Balikpapan Tahun 2016 ini agak berbeda di bandingkan pelaksanaan di tahun sebelumnya. Perbedaanya  pada tahun ini  dilaksanakan Praktek Lapangan dalam rangka mempersiapkan peserta  untuk mengenal secara langsung Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dengan lokasi di Kelurahan Klandasan Ulu pada tanggal 25 April 2016. Sebelumnya, pelatihan pemantapan ini lebih banyak  teori yang dilaksanakan di dalam ruangan. Namun sekarang diujicobakan kepada semua peserta agar mampu menyerap dan mempraktekan teori yang telah di terima kemudian diterapkan dilapangan dengan cara  disebar diseluruh RT diwilayah kelurahan Klandasan Ulu dengan asumsi 1 ( satu ) orang  peserta akan mendata 1 ( satu )  atau 2 ( dua ) RT  dengan fokus Pendataan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ( PMKS ) dan Potensi Sumber Kesejateraan Sosial ( PSKS ). Hasil pendataan yang dilaksanakan oleh peserta akan diolah dan disajikan dalam bentuk Data Base Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ( PMKS ) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial ( PSKS ) Kelurahan Klandasan Ulu yang dapat digunakan dalam penyusunan Program dan Kegiatan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. Pekerja Sosial Masyarakat ( PSM ) yang mewakili  masing – masing kelurahan diharapkan dapat mencontoh pola pendataan yang sudah di praktekan.

          Untuk mempermudah di dalam pelaksanaan pendataan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ( PMKS ) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial ( PSKS ), Dinas Tenaga Kerja dan Sosial melalui Kelurahan Klandasan Ulu sudah menyebarkan Blanko Pendataan untuk diisi oleh RT sesuai dengan jenis dan kriterianya. Selanjutnya, para peserta akan mengambil blanko tersebut untuk di verifikasi. Oleh karena itu, diharapkan dukungan dan kerjasama ketua RT dalam hal ini agar  pendataan dapat dilaksanakan dengan benar.

          Sebagaimana disampaikan oleh yang mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan dalam sambutan pembukaan pelatihan, bahwa “ Program – Program Pemerintah tidak akan tepat sasaran apabila kurang sosialisasi dan data yang akurat “ Karena itu Pekerja Sosial Masyarakat ( PSM ) harus terampil  mendata dan  memverikasi sehingga data tersebut dapat dipertanggungjawabkan di dalam pelaksanaan program pembangunan kesejahteraan sosial. (bl)