SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN

Bhakti Sosial Dan Jambore Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Nasional, ASEAN dan 3 Tahun 2016

Wednesday - 21 September 2016 - Dibaca: 917 kali

Disnakersos_Bpp - Dalam rangka Bhakti Sosial Dan Jambore Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Nasional & ASEAN + 3 Tahun 2016, sejak tanggal 3 September 2016 lalu sudah diselenggarakan serangkaian acaranya. Diawali dengan kegiatan Go To School & Go Green yang diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari SMPN 1 Balikpapan, SMPN 2 Balikpapan, SMPN 12 Balikpapan, SMAN 1 Balikpapan, STIE Madani Balikpapan dan Stiepan Balikpapan, serta 50 peserta dari TAGANA. Penanaman bibit pohon menjadi agenda utama dalam kegiatan kali ini dan Hutan Kota Pendidikan Telaga Sari dipilih menjadi lokasi acara. Jenis bibit pohon yang di tanampun beragam, mulai dari Ulin, Mahoni, Sungkey dan lainnya yang berjumlah 200 bibit pohon. Acara yang diadakan pada pukul 09.00 hingga 12.00 ini juga mendapat pengarahan langsung dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan, Ibu Tirta Dewi.

Berselang dua hari, tepatnya pada tanggal 5 September 2016, diadakan kegiatan Donor Darah yang berlokasi di Markas Cabang PMI Balikpapan. Acara ini diramaikan oleh 120 peserta yang berasal dari Kodam, Kodim, Satpol PP, Polres, BPBD dan Dishub Balikpapan serta TAGANA.

Kegiatan selanjutnya tidak kalah menarik yaitu Sosialisasi Kampung Siaga Bencana (KSB) yang diadakan pada tanggal 8 September 2016 yang mengambil lokasi di Aula Kelurahan Karang Joang Balikpapan. Dengan jumlah peserta yakni 100 orang yang terdiri dari TAGANA dan Masyarakat Karang Joang. Bertindak sebagai narasumber di acara tersebut adalah Bapak Ayi Hikmad dari Dinsos Provinsi Kaltim, Bapak Tukiyo dari Disnakersos Balikpapan, Bapak Sayid Muh.Yar selaku Camat Balikpapan Utara dan Mayor Edison selaku Danramil Balikpapan Utara.

Masih dalam rangkaian acara Bhakti Sosial dan Jambore Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Nasional & ASEAN + 3 Tahun 2016, pada tanggal 9 September 2016 diadakan Pencanangan Kampung Siaga Bencana yang bertempat di RT. 37 KM. 18 Balikpapan. Acara yang dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan Bapak Rizal Efendy ini beragendakan pencanangan kampung siaga bencana (KSB) Oleh Wali Kota Balikpapan, pemberian bantuan secara simbolis logistik Rp 98.000.000,- yang bersumber dari Kementerian Sosial RI kepada Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Karang Joang, Bapak Syamsudin dan simulasi penanggulangan bencana banjir oleh masyarakat.

Dan tepat pada tanggal 15 September 2016 Sebanyak 1.200 TAGANA Se-Indonesia berkumpul di Balikpapan Sport & Convention Center (DOME) untuk menghadiri Welcome Dinner dalam acara Bhakti Sosial dan Jambore Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Nasional & ASEAN + 3 Tahun 2016. Acara tersebut juga di hadiri oleh Wakil Wali Kota Balikpapan, Dirjen Linjamsos dan Tamu Perwakilan dari Negara Myanmar dan Malaysia serta tamu undangan yang lain. Adapun kegiatan di acara tersebut adalah penyematan tanda peserta dan pemberian bantuan sosial berupa kaki palsu kepada yang membutuhkan.

Pantai Lamaru Balikpapan adalah lokasi dimana dilaksanakannya lomba-lomba untuk TAGANA Indonesia dalam rangka Bhakti Sosial dan Jambore Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Nasional & ASEAN + 3 Tahun 2016. Adapun lomba-lomba yang dilaksanakan di Pantai Lamaru adalah Water Rescue, Advokasi dan Dukungan Psikososial, Dapur Umum, Penanganan Pertama pada Gawat Darurat (PPGD), Hymne Tagana dan lain-lain. Dan Hadiah untuk pemenang dari lomba-lomba tersebut adalah Juara I mendapatkan hadiah senilai Rp 25.000.000,- , Juara II mendapatkan hadiah senilai Rp 15.000.000,- dan Juara III mendapatkan hadiah senilai Rp 10.000.000,-. 

Dan dipenghujung acara, dilaksanakannya APEL Nasional Tagana Indonesia dalam rangka Bhakti Sosial dan Jambore Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Nasional & ASEAN + 3 Tahun 2016, pada tanggal 17 September 2016 di Pantai Lamaru. APEL Nasional ini dihadiri Oleh Menteri Sosial RI, Ibu Khofifah Indar Parawansa serta para tamu undangan lainnya. Adapun serangkaian acara di APEL Nasional tersebut antara lain penyerahan hadiah kepada pemenang Jambore Tagana yang mana pada kesempatan ini Juara I diberikan kepada TAGANA dari Jawa Timur, Juara II oleh TAGANA dari Kalimantan Timur dan Juara III oleh TAGANA dari Banten, serta pemberian bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI berupa Mobil RTU (1 Unit), Mobil Dapur Umum Lapangan (DUMLAP) (1 Unit), Motor Jenis Trail (1 Unit), Jaket untuk Tukang Ojek (94 Buah) dan Jaket untuk Nelayan (338 Buah). Serta pemberian bantuan sosial dari Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) berupa Kaki Palsu (50 Pcs), Kaca Mata Baca (500 Pcs), Alat Bantu Pendengaran (1 Pcs), Tongkat Lipat (48 Pcs) dan Kursi Roda (2 Pcs). Pada kegiatan tersebut juga diberikannya Piagam Penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia atas rekor Pengibaran Bendera Komunitas Terbesar.

Sebagai penutup, pada tanggal 17 September 2016 pukul 19.00 dilaksanakannya Acara Ramah Tamah Wali Kota Balikpapan dengan Menteri Sosial RI dan Pembina TAGANA Se-Indonesia dalam ramgka Bhakti Sosial dan Jambore Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Nasional & ASEAN + 3 Tahun 2016 dengan berlokasi di Aula Pemerintah Kota Balikpapan. Acara yang dihadiri oleh 250 Orang tamu undangan ini berlangsung dengan kegiatan Sambutan Wali Kota Balikpapan, Kesan Pesan dari Duta Tagana dan Tamu Luar Negeri serta Penyerahan Penghargaan MURIHINDO Kepada Menteri Sosial RI, Gubernur Kalimantan Timur, Wali Kota Balikpapan, Bupati Kutai Kartanegara dan Ketua Forum CSR Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan berlangsungnya acara Bhakti Sosial dan Jambore Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Nasional & ASEAN + 3 Tahun 2016 diharapkan dapat menjadi kiprah nyata TAGANA dalam Penanggunalangan bencana dan ajang peningkatan kemampuan dan keterampilan TAGANA Indonesia. (lts/han)