SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

KUNJUNGAN KERJA DISNAKER KOTA MALANG

Thursday - 13 April 2017 - Dibaca: 1001 kali

Disnaker_Bpp – Pada hari Selasa, 12 April 2017 bertempat di Ruang Rapat Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, Ibu Tirta Dewi selaku Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan menerima kunjungan kerja dari Dinas Tenaga Kerja Kota Malang dengan didampingi oleh Sekretaris, Kabid Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Tenaga Kerja, Kabid Pelatihan dan Produktifitas Tenaga Kerja, Kasi Pelatihan dan Pemagangan Tenaga Kerja, Kasubag Program dan Keuangan serta Pengantar Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan.

Kunjungan kerja yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Malang ini dalam rangka Job Canvasing Dinas Tenaga Kerja Kota Malang Kegiatan Penyebarluasan Informasi Bursa Tenaga Kerja (Job Market Fair) Tahun 2017. Yang mana dalam kunjungan kerja ini dihadiri oleh Bapak Drs. Abdul Malik selaku Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Bapak Yudhi K. Ismawardi selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Malang, Bapak Sidik selaku Kabid Pelatihan dan Produktifitas Tenaga Kerja, Bapak Sunarwoko selaku Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja, Ibu Istiningsih selaku Kasi Perselisihan Hubungan Industrial, Ibu Siti Mardiyah selaku Kasi Perluasan Kerja, Ibu Nawang selaku Kasubag Program dan Keuangan, Bapak Hendro Suyoto selaku Kasi Penempatan Tenaga Kerja serta Pengantar Kerja dan Staf Dinas Tenaga Kerja Kota Malang.

Dalam kesempatan ini Bapak Drs. Abdul Malik selaku Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial menyampaikan salam dari Wali Kota Malang kepada Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan serta mengundang kehadiran rekan-rekan dari Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan pada bulan Juli 2017, yang mana pada bulan tersebut bertepatan dengan kegiatan APEKSI yaitu Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 Juli 2017 sampai dengan 14 Juli 2017.

Gambaran umum Kota Balikpapan, Data Tenaga Kerja, Pencari Kerja, Lowongan dan Penempatan Tenaga Kerja serta Struktur Organisasi Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan merupakan informasi pendahulu yang disampaikan oleh Ibu Tirta Dewi selaku Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan dalam kegiatan kunjungan kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Malang ini. Dilanjutkan dengan penyampaian Strategi Penanganan Tingkat Pengangguran yang telah dilakukan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan seperti menyelenggarakan Kegiatan AMF (Apprentice Market Fair), Job Market Fair, Penyuluhan Bimbingan Jabatan dan Pelatihan Tenaga Kerja Mandiri Terampil dan Terdidik.

Dan perkembangan kenaikan UMK Kota Balikpapan dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2017 juga turut disampaikan oleh Ibu Tirta Dewi. Sebagaimana kita ketahui bahwa UMK dimasing-masing kota pasti memiliki perbedaan dan UMK bisa menjadi salah satu tolak ukur dari kesejahteraan dari para pekerja. Dan dipenghujung acara disampaikan Data Pencatatan Perselisihan Hubungan Industrial yang dicatat di Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan dengan kasus yang selesai melalui Perjanjian Bersama dan Anjuran serta Jumlah Perkara PHK dan Jenis-jenis Perselisihan yang terjadi di Kota Balikpapan.

Adapun harapan dari pertemuan kali ini adalah adanya jalinan antar Disnaker sehingga terciptanya jaringan pengiriman tenaga kerja AKAD (Antar Kerja Antar Daerah) dalam rangka pemenuhan tenaga kerja untuk urusan nasional atau pembangunan yang pelaksanaannya sesuai peraturan tenaga kerja AKAD (Antar Kerja Antar Daerah) yang berlaku. (lts)