SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

“SHARING INFORMASI KETENAGAKERJAAN DAERAH” Kunjungan Kerja Disnakertrans Kabupaten Situbondo

Tuesday - 25 Juni 2019 - Dibaca: 899 kali

Disnaker_Bpp – Bertempat di ruang Rapat Disnaker Kota Balikpapan,  Bapak Djonaziansjah selaku Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan mewakili Kepala Disnaker Kota Balikpapan menerima kunjungan kerja Disnakertrans Kabupaten Situbondo

Sekretaris Disnaker Kota Balikpapan mengawali sambutan Selamat Datang dengan memperkenalkan segenap pejabat struktural di lingkup Disnaker Kota Balikpapan yang hadir menerima kunjungan. 

Selanjutnya, Kepala Disnakertrans  Kabupaten Situbondo yang juga bertindak sebagai Pimpinan Rombongan memperkenalkan seluruh peserta kunjungan kerja, serta menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 20 Juni 2019, yaitu untuk bertukar informasi maupun pengalaman, khususnya yang berkenaan dengan program unggulan Disnaker Kota Balikpapan, serta penerapan ISO 9001 :2015 di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

Menanggapi maksud tersebut, Bapak Djonaziansjah memberikan paparan singkat mengenai program unggulan Disnaker Kota Balikpapan.  Sesuai Renstra Disnaker, terdapat 3 program prioritas, yaitu: (1) Peningkatan Kualitas dan Produktifitas Tenaga Kerja  (2) Peningkatan Kesempatan Kerja dan (3) Perlindungan Pengembangan Lembaga Hubungan Industrial.  Adapun kegiatan yang menjadi unggulan pada masing-masing program meliputi pelatihan tenaga kerja dengan pilihan kejuruan welder, rigging, maupun kejuruan lainnya yang berkaitan dengan bidang industry, manufactur, maupun supporting tambang.

Untuk peningkatan mutu pelayanan public di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, pernah diterapkan ISO 9001 pada tahun 2008.  Adapun perangkat Daerah yang meraih sertifikasi tersebut adalah Kecamatan Balikpapan Selatan (ISO 9001:2000) dan Puskesmas Klandasan Ilir (ISO 9001:2001).

ISO di lingkungan Pemkot Balikpapan tidak diterapkan lagi setelah tahun 2012, dan selanjutnya masing-masing OPD yang menyelenggarakan pelayanan public diarahkan untuk menjadi Zona Integritas dalam rangka mewujudkan terciptanya Good Governance dan Clean Government. Hal ini sejalan dengan Permenpan No. 60 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Permenpan No.52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah. Saat ini Disnaker Kota Balikpapan sedang merintis untuk menjadi OPD ZI menuju WBK dan WBBM.

Kegiatan kunker diakhiri dengan pemberian cindera mata dari masing-masing Perangkat Daerah dan sesi foto bersama. (alf/lts)

“Kerja Sama Terjalin, Kinerja Organisasi Terwujud”