SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA BALIKPAPAN | SELURUH PELAYANAN DINAS KETENAGAKERJAAN GRATIS

WEDNESDAY INSPIRING “PERJANJIAN KERJA BERSAMA”

Thursday - 10 Oktober 2019 - Dibaca: 672 kali

Disnaker_Bpp – Mewakili Kepala Disnaker Kota Balikpapan, Ibu Niswaty yang menjabat sebagai Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Tenaga Kerja, memimpin seremoni pembukaan Wednesday Inspiring - Perjanjian Kerja Bersama” pada hari Rabu, tanggal 09 Oktober 2019, bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Kantor Disnaker Kota Balikpapan. Minimnya pendaftaran dan pelaporan PKB di Disnaker Kota Balikpapan, sehingga dipandang perlu untuk memberikan pencerahan kepada unsur SP/SB dan Manajemen Perusahaan mengenai Perjanjian Kerja Bersama.

Disnaker Kota Balikpapan bersinergi, dengan mengundang Narasumber dari BPJS Kesehatan yaitu Ibu Sari Wahyu selaku Kabid. Kepatuhan dan Perluasan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan. Hal ini dimaksudkan guna memberikan pemahaman kepada SP/SB dan Manajemen yang hadir, terkait adanya isu penyesuaian iuran BPJS Kesehatan.

Pemaparan materi diawali oleh Ibu Sari Wahyu selaku Kabid. Kepatuhan dan Perluasan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan dengan Moderator Ibu Kasma Ervina Haida selaku Kasi. Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Disnaker Kota Balikpapan. Pemaparan materi tersebut dibarengi dengan tanya jawab dari peserta yang hadir.

Ibu Sari Wahyu menyampaikan bahwa saat ini Dewan Jaminan Sosial Nasional telah mengajukan usulan penyesuaian iuran BPJS Kesehatan kepada Presiden, namun tentunya Presiden juga akan mempertimbangkan masukan dari Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, dan stake holder terkait. Masyarakat tidak perlu khawatir karena penyesuaian iuran untuk Pekerja Penerima Upah hanya dikenakan bagi yang berpenghasilan antara 8-12 juta, sedangkan untuk peserta mandiri apabila tidak mampu membayar dapat ditanggung oleh Pemerintah melalui Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari dana APBN maupun APBD.

Dilanjutkan dengan penyampaian regulasi mengenai Perjanjian Kerja Bersama dari Ibu Niswaty serta sharing session dari Ketua Umum SP Pertamina Hulu Mahakam (Bpk. Budi Satria) mengenai teknis penyusunan PKB.

Kegiatan yang dihadiri oleh 37 (tiga puluh tujuh) peserta, yang merupakan perwakilan unsur SP/SB dan manajemen dari 17 (tujuh belas) perusahaan yang berbeda sangat tertarik dengan dilaksanakannya Kegiatan Wednesday Inspiring yang diselenggarakan oleh Disnaker Kota Balikpapan dan berharap kegiatan dijalankan secara berkelanjutan.

Sebagai akhir seremoni, Ibu Niswaty menyampaikan harapannya agar SP/SB yang belum mengajukan permintaan perundingan PKB agar dapat meningkatkan PP menjadi PKB, dan kepada perusahaan yang telah memiliki PKB dengan SK pendaftaran di Kemenaker maupun Disnakerprov agar dapat melaporkan PKB nya ke Disnaker Kota Balikpapan sehingga terwujudnya tertib administrasi. (hh/lts)

“Kerja Sama Terjalin, Kinerja Organisasi Terwujud”